Menikmati Kuliner Tionghoa Pak Tiam Muslim Di Medan

Menikmati Kuliner Tionghoa Pak Tiam Muslim Di Medan

Kuliner di Medan memang beragam. Mulai dari kuliner nusantara, hingga beragam kuliner yang dipengaruhi oleh beragam negara dan wilayah dari seantero dunia, sebut saja India, Eropa, western, hingga Tiongkok.  Sangat mudah mendapatkan kuliner halal di kota Medan yang punya ciri khas. Contohnya adalah “Pak Tiam” yang terkenal dengan kuliner khas Tionghoa muslimnya.

Warung-warung milik kelima anak Pak Tiam kebanyakan berlokasi di Jalan Serdang / HM Yamin. Satu warung di depan sebuah salon di Jalan Serdang, satu warung di Jalan HM Yamin di seberang Alfamart (sudah agak dekat ke simpang Jalan Aksara),  dua warung saling berhadap-hadapan di Jalan Sentosa Baru, dan satu lagi di Jalan AR Hakim / Bakti, tepat di seberang Bank BNI. Kelima warung ini buka mulai sore hari, sekitar pukul 17.00 WIB.

Menu istimewa yang selalu menjadi andalan di setiap warungnya adalah nasi goreng dan beragam mie (baik itu mie tiauw, mie hun, hingga ifumie) yang dimasak dengan olahan seafood (udang, bakso ikan, kerang, dan cumi). Menariknya, walau sang ayah beragama Islam, anak-anaknya banyak yang memeluk keyakinan berbeda.

Untuk citarasanya sendiri, kelima warung ini masih punya kesamaan yang bisa ditarik garis lurusnya. Hal ini tentu saja bisa dimaklumi, karena resep yang diadopsi adalah resep sang ayah yang mungkin sedikit dimodifikasi oleh masing-masing anaknya.

Favorit di Warung Pak Tiam ini adalah nasi goreng dan ifumienya. Kedua hidangan tersebut disajikan dengan cukup khas, dengan rasa gurih asin yang dominan. Penggunaan telur yang diorak-arik, bakso ikan, udang, dan lainnya mampu menghadirkan rasa nikmat yang menggelora di dalam mulut. Untuk harga, seporsinya berkisar di antara Rp 15.000 – Rp 20.000.

Kenikmatan hidangan di Warung Pak Tiam memang sudah cukup terkenal di Medan. Ini terbukti dari komentar-komentar yang masuk dalam postingan di instagram @makanhalalmedan.

Source http://mhm.asia http://mhm.asia/kuliner-medan-tionghoa-pak-tiam-halal/
Comments
Loading...