Menikmati Lezatnya Ayam Hainan Ala Fok Luk Sau

Menikmati Lezatnya Ayam Hainan Ala Fok Luk Sau

Ayam hainan, menu yang satu ini mungkin bukan hidangan anyar di jagad kuliner. Namun, kehadiran ayam hainan di dunia makanan patut diperhitungkan khususnya bagi pecinta makanan ala Chinesse. Aroma kuat dari bawang putih menjadi penggoda dari penganan yang satu ini.

Adalah Fok Luk Sau, tempat makan ala Chinesse yang ada di Mason Pine Hotel menjadi salah satu penyuguh makanan yang berasal dari tradisi seni memasak Hainan dan penerapannya oleh populasi orang Tionghoa perantau suku Hainan dalam kawasan Nanyang.

Menu ayam hainan yang diberi nama Half Spring Hainan Chicken with Garlic Crusted ini merupakan ayam boiler setengah ekor yang dimasak dengan lima liter air, garam, chicken powder, jahe, daun bawang, bawang putih, dan cabai rawit.

“Cara memasaknya mudah, ayam hanya perlu direbus dalam air mendidih saja hingga matang. Namun, ayam jangan sampai over cook atau terlalu matang atau justru belum matang. Tingkat kematangan ayam ini sangat penting,” ujar Executive Chef Fok Luk Sau, Muhammad Henry Brahmana.

Sebagai pelengkap, dibubuhkan semacam saus berbeda. Yakni saus soya, cabai, dan tentunya sambal bawang yang menjadi andalan dari ayam hainan ini.

“Sambal bawang ini sebenarnya sangat mudah sekali membuatnya hanya garam, chicken powder, jahe, dan bawang putih lalu ditambahkan air dan di blend. Enaknya makan sambil dicocol dengan saus agar kelembutan ayam rebus ini terasa begitu maksimal,” jelasnya.

Untuk seporsi ayam hainan yang dibanderol dengan harga Rp 88 ribu plus itu, Anda bisa menyantapnya bersama keluarga ataupun rekan sejawat. Pasalnya, porsi ayam boiler setengah ekor ini memang cocok disantap ramai-ramai.

Source https://bandung.merdeka.com https://bandung.merdeka.com/kuliner/aroma-bawang-putih-yang-menggoda-dari-ayam-hainan-ala-fok-luk-sau-161006p.html
Comments
Loading...