Menikmati Mantapnya Sop Buntut Bu Ugi Kuliner Kota Karanganyar

Saat ini siapa yang tak kenal sop buntut, khususnya sop buntut bu ugi Tawangmangu. Berdiri sejak 1950, sop buntut bu ugi ramai dikunjungi wisatawan hampir tiap hari. Seporsi sop buntut benar-benar bikin lidah bergoyang dan perut kenyang.Sebab dalam mangkok sop buntut akan disajikan 3-4 potong daging ukuran besar, irisan besar wortel dan kentang. Meski dagingnya besar, tapi ternyata sangat empuk. Tak susah meloloskan daging dari tulangnya. Rasanya juga sangat gurih dengan kuah bening yang segar.

Wortel dan kentangnya, meski juga dipotong besar-besar, juga empuk dan mudah dikunyah. Tapi juga tidak terlalu empuk sehingga terkesan lembek. Proses pematangannya terasa pas saat disajikan.Satu porsi sop buntut seharga belasan ribu rupiah dirasa sudah mengenyangkan. Tapi bila sobat masih kuat makan, ada juga nasi pecel yang rasanya juga juara. Hanya seharga kisaran Rp 10 ribu, sobat bisa menjajal nasi pecel plus lauk telur. Sayurannya terasa segar seperti baru dipetik dan sambalnya pas di lidah.

Jika tengah berkunjung ke Tawangmangu, jangan lupa mampir ke sop buntut bu ugi. Letaknya di kiri jalan jika dari arah Solo ke jalan tembus. Jika sudah sampai bumi perkemahan sekipan, artinya sobat kelewatan. Selamat mencoba. Satu mangkuk sop panas dengan uapnya yang masih mengepul dan sepiring nasi putih tersaji di meja makan. Pemandangan yang menggoda ‘iman’ kala udara dingin pegunungan menyergap.

Begitulah jika anadmenyempatkan diri mampir makan di rumah makan sop buntut Bu Ugi yang terletak di kawasan wisata Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Sop yang tersaji di mangkuk bergambar ayam jago itu terdiri dari empat potong buntut sapi dan tulang-tulang, potongan wortel besar, dan kentang. Jangan lupa melengkapi kehangatannya dengan menambahkan perasan jeruk nipis dan sambal kecapnya.

Source http://dcatqueen.com/
Comments
Loading...