Menikmati Menu Kuliner Khas Warung Cirebonan Di Ibu Kota Jakarta

Buat warga Cirebon yang tinggal di Jakarta, pastinya suka kangen dong dengan makanan khas Cirebon, seperti nasi jamblang, empal gentong, mi koclok, dan tahu gejrot. Nah, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Cirebon untuk mengobati rasa kangennya. Anda cukup pergi ke daerah Pesanggrahan, di sana ada Warung Cirebonan. Lokasi tepatnya berada di Jalan Raya Pesanggrahan Nomor 8, Jakarta Barat.

Ibu Rusye., pemiliknya, sudah memulai usaha makanan khas Cirebon ini sejak sembilan tahun yang lalu. Menurut beliau, usahanya ini mendapat respons yang cukup baik, terutama dari orang-orang Cirebon yang sekarang tinggal di Jakarta. Bahkan, tidak jarang tempatnya dijadikan tempat reuni orang-orang Cirebon.

Makanan di sini ada yang berasal langsung dari Cirebon, ada juga yang dimasak sendiri oleh Ibu Rusye. Seperti nasi jamblang ini dikirim langsung dari Cirebon, yaitu dari Warungnya Mang Dul, ikon nasi jamblang di Cirebon. Begitu pula dengan tahu gejrot dan empal gentong yang juga asli dari Cirebon. Sementara mi koclok dibuat sendiri oleh Bu Rusye.

Siang kemarin itu saya dan keluarga memang sengaja makan di Warung Cirebonan. Begitu masuk, kita akan melihat meja display yang berisi lauk-pauknya, kita bisa memilih langsung yang kita mau. Ada perkedel, ikan asin, tempe goreng, tahu kuah, sambal, sate kentang, dage goreng, telor dadar, daging sapi, dan paru/ati sapi. Saya pesan nasi jamblang, tahu gejrot, dan empal gentong. Kemudian ada dondangan khas penjual tahu gejrot Cirebon di salah satu pojokan rumah makan ini.

Senang sekali rasanya bisa makan nasi jamblang lagi, nasi yang dibungkus dengan daun jati membuatnya beraroma sangat khas. Dengan lauk sate kentang, daging, sambal khas jamblang, tahu kuah, sate kentang, dan perkedel. Nyam-nyam… enak-enak semua lauknya. Dagingnya pun empuk, rasanya manis dan gurih. Yang paling saya suka adalah tahu kuahnya, ada rasa kuah yang meresap di tahunya, manis dan gurih juga. Campur deh dengan sambal jamblangnya, tambah mantap. Perkedelnya juga enak.

Tahu gejrotnya juga harus Anda coba, enak tahunya, kulitnya lembut dan dalamnya juga lembut. Bercampur dengan kuah manis gula jawa yang dicampur dengan bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit.

Empal gentongnya saya campur dengan cabai bubuk terlebih dahulu supaya lebih spicy. Seperti khasnya empal gentong pada umumnya, daging sapinya dipotong kecil-kecil dan terasa lembut ketika di kunyah, tidak alot. Kuahnya terasa asin, gurih santan, yang berpadu dengan potongan daun kucai. Lezat euy.

Di sini juga ada menu khas Cirebon lainnya, seperti docang dan nasi lengko. Anda penasaran dengan rasanya? Datang saja ke Warung Cirebonan, rasanya mantap

Comments
Loading...