Menikmati Mi Lendir Kuliner Unik Khas Kepulauan Riau

Berbicara soal mi, Provinsi Riau ternyata memiliki olahan mi rebus unik yang mereka namakan Mie Lendir . Makanan ini sebetulnya telah dikenal luas oleh masyarakat Batam dan Kepulauan Riau.

Mi Lendir merupakan olahan mi yang khas dari Kepulauan Riau. Mi Lendir terdiri dari mi lidi atau mi kuning basah yang direbus, disiram kuah kacang dan dibubuhi telur rebus, bawang goreng dan daun seledri. Kuah kacang kental yang menyerupai lendir inilah yang membuatnya dinamakan Mi Lendir, dan menjadi ciri khas olahan mi ini. Rasa pedas manis kuahnya yang ditambah potongan cabe rawit, merupakan sensasi yang dicari oleh para penggemar Mi Lendir ini.

Sejarah Mi Lendir

Mi Lendir disebut sebagai makanan khas di tanah melayu Kepri, konon yang pertama kali membuatnya adalah seorang pedagang Jawa, yaitu Pak Sailun. Berdasarkan pemaparan Rida K Liamsi, seorang sastrawan dan budayawan Melayu Riau, Mi Lendir ini dulu dikenal dengan nama Mi Pak Sailun. Mi ini dijajakan dengan cara berkeliling kota sekitar tahun 1960-an. Mi ini cukup digemari pada masa itu. Ketika Pak Sailun wafat, usahanya ini diteruskan oleh seorang pedagang Jawa lainnya, yatu Lek Man. Lek Man menjual Mi Lendir di kedainya yang terletak di Jalan Bintan, Tanjung Pinang. buka dari jam 10.00 sampai jam 22.00.

Harga seporsi mi lendir ini sekitar Rp.10.000 sampai Rp.20.000 rupiah. Biasanya Mi Lendir dipilih sebagai menu sarapan pagi, dimakan hangat-hangat ditemani teh manis. Namun, selain untuk sarapan, Mi Lendir juga cocok disantap saat udara dingin. Bahkan, kerap pula dijadikan hidangan pada acara-acara pertemuan. Mi Lendir ini banyak ditemui di kedai-kedai kopi dan makanan di Tanjung Pinang, Batam dan wilayah sekitarnya.

Selamat Mencoba.

Source Pegi Makan Mi Lendir Riau
Comments
Loading...