Menikmati Mie Caluek Grong-grong Di pidie

Menikmati Mie Caluek Grong-grong Di pidie

Tidak heran bila mie caluek hingga kini masih menjadi menu favorit bagi masyarakat Pidie dan orang yang berkunjung ke Pidie. Kendati harganya murah, tapi rasa mi caluek tak kalah dengan jenis mi lain yang dijual dengan harga yang lebih mahal.

Salah satu bukti mie caluek masih mendapat tempat di hati pecinta kuliner adalah, di tengah menjamurnya produk mi instan dengan berbagai merk, ternyata mi caluek sebagai salah satu jenis kuliner lokal tetap eksis.

Salah satu mi caluek yang cukup terkenal dan sampai sekarang masih bertahan adalah mie caluk Grong-Grong milik Hj Mardiana. Bagi masyarakat sekitar tak sulit melacak lokasi mie caluk milik Hj Mardiana yang berada di pasar Grong-Grong. Kecuali, bagi warga dari daerah lain mungkin agak sulit mencari lokasi mie calu Hj Mardiana. Karena di pasar Grong-Grong cukup banyak penjual mi caluek. Karena semua mereka menjual mi caluek di kaki lima menggunakan meja dengan ukuran berbeda-beda.
Penjual mi caluek di Grong-Grong berada di pinggir jalan nasional tepatnya di lorong menuju toko-toko yang bersisian dengan pedagang buah atau sebelah kanan jika anda berangkat dari Banda Aceh ke Sigli. Tempat itu hanya terpaut sekitar tiga meter dari jalan Banda Aceh-Medan.
Menurutnya, setiap hari mie calueknya terjual sampai 5.000 bungkus dengan harga Rp 1.000 hingga Rp 5.000 per bungkus. “Omset kami tiap hari sekitar lima juta rupiah. “Kami tak ambil keuntungan banyak. Yang penting, warga bisa menikmati mie caluk buatan kami ini,” ujar Hamdani.
Ditambahkan, mi caluek tersebut dibuatnya sendiri di rumah. “Bahan baku yang kami gunakan adalah tepung gandum. Sehari kami habiskan tiga sak tempung gandum. Sedangkan untuk bihun tiga pak tiap hari,” pungkasnya.

Karena banyaknya peminta, selain di pasar Grong-Grong, mi caluek juga dijual oleh sejumlah orang ke berbagai desa menggunakan sepeda motor atau sepeda. Mi caluek yang dijual keliling itu telah dibungkus lebih dulu oleh penjualnya. Mi caluek juga dijual di sejumlah lokasi wisata kuliner di Pidie, seperti di tepi Pantai Gampong Tanjong Harapan, Kecamatan Kota Sigli.

Source http://aceh.tribunnews.com http://aceh.tribunnews.com/2013/02/17/nikmatnya-mi-caluek-pidie
Comments
Loading...