Menikmati Nasi Kuning Pasir Koja, Kuliner Enak di Kota Bandung

Nasi Kuning Pasir Koja Bandung

Bandung sebagai surganya kuliner, memiliki berbagai macam olahan nasi. Satu di antaranya yang populer di masyarakat adalah nasi kuning. Olahan nasi kuning terbuat dari beras yang dimasak menggunakan kunyit serta santan dan rempah-rempah.

Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih daripada nasi putih. Selain itu, nasi kuning biasa disajikan dengan bermacam lauk pauk, seperti tempe, daging ayam, dan kacang.

Awalnya nasi kuning sering disajikan untuk acara syukuran seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan. Seiring perkembangan zaman, nasi kuning dapat dinikmati setiap saat, karena makanan ini telah banyak dijual di berbagai tempat.

Di Kota Bandung, menu ini mudah ditemui di pinggiran jalan hingga kedai nasi. Umumnya makanan ini sering dinikmati sebagai menu sarapan. Namun di beberapa tempat di Kota Bandung, Anda dapat menikmati nasi kuning sebagai menu santap malam.

Satu di antaranya yang terkenal dan legendaris adalah Nasi Kuning Pasir Koja, yang mulai beroperasi pada pukul 20.00 WIB. Sesuai namanya tempat makan ini berlokasi di Jalan Pasir Koja, No 114, Kota Bandung. Lokasi tepatnya, berada di depan Toko Mas SAE, dan seberang toko meubel Hade.

Tempat Nasi Kuning Pasir Koja ini, hanya dijajakan di depan toko emas. Di tempat tersebut, juga disediakan beberapa meja dan kursi sederhana yang dapat digunakan sebagai tempat makan.

Suasana Nasi Kuning Pasir Koja yang tampak ramai di malam hari.

Lokasinya memang sangat sederhana, namun tidak dengan nasi kuning dan lauknya, terutama semur jengkolnya. Semur jengkol di tempat ini memang menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung. Bumbunya terasa sedikit pedas dan agak manis, meresap sampai ke dalam-dalamnya.

Sedangkan nasi kuningnya, olahannya memiliki persamaan seperti nasi kuning pada umumnya. Namun, memilih lauk yang digunakan, Anda akan melihat perbedaannya. Sajian Nasi Kuning Pasir Koja beserta lauknya. Nasi kuning Pasir Koja menggunakan oseng oncom sebagai pengganti oseng ataupun kering tempe.

Selain itu, lauk yang dihidangkan bersama nasi kuningnya memiliki rasa yang tidak biasa, yang pasti bikin Anda ketagihan. Satu porsinya berisi nasi kuning dengan abon, telur rebus, tahu kuah, semur daging sapi, oncom, dan kerupuk aci, serta taburan bawang goreng.

Nah, lauk yang spesial di Nasi Kuning Pasir Koja adalah tahu kuahnya.

Begitu tahunya dibelah, akan keluar kuahnya yang terasa gurih dan manis.

Lauk pauk yang dihidangkan menggunakan panci alumunium.

Pemilik Nasi Kuning Pasir Koja, Endi, menuturkan, memulai usaha nasi kuning ini sejak 1970. “Dari dulu hingga sekarang, Saya tidak pernah berpindah tempat, karena cuma di sini nasi kuning saya laris manis,” ujar Endi

Endi menambahkan, untuk menjalani usaha ini, dirinya dibantu oleh anaknya dan beberapa pegawai lainnya.

“Untuk saat ini, anak saya yang banyak mengurus usaha ini, dan saya turut membantu menyajikan nasi kuning di sini,” ujar Endi.

Kata Endi, sebenarnya nasi kuning ini menggunakan nama dirinya sebagi merk. Karena berlokasi di Pasir Koja, orang-orang disini akrab menyeburnya Nasi Kuning Pasir Koja. Endi mengaku, selain jengkol, keunikan lainnya dari Nasi Kuning Pasir Koja ini adalah oncomnya. “Biasanya, nasi kuning menggunakan oreg tempe, tapi di sini menggunakan oncom yang diongseng,” ujar Endi.

Nah, bagi Anda yang merasa kelaparan saat malam, dan penggemar olahan jengkol, Nasi Kuning Pasir Koja ini sangat patut untuk Anda kunjungi. Seporsi nasi kuning dan lauknya dibandrol dengan harga mulai dari Rp 15 ribu. Untuk jam operasionalnya buka setiap hari, pada pukul 20.00 WIB – 01.00 WIB.

Source Pegimakan.id tribunnews.com
Comments
Loading...