Menikmati Segarnya Legen Asli Rembang Jawa Tengah

Legen adalah air dari manggar (bunga) siwalan, air legen ini seperti air nira yang digunakan bahan untuk gula jawa, namun di Kabupaten Rembang, air legen ini lebih dimanfaatkan sebagai minuman, karena memang rasanya yang memang khas. Apalagi minuman ini dinikmati disiang hari dan dicampur dengan es.Siwalan adalah buah dari pohon siwalan, pohonnya mirip pohon kelapa, namun buahnya lebih kecil-kecil, siwalan ini rasanya seperti agar-agar ataupun nata, sangat cocok juga dinikmati saat

siang hari,. Siwalan dan legen ini sangat mudah ditemui di daerah Kecamatan Sulang, karena daerah tersebut tanahnya memang cocok buat pohon siwalan, jika anda sedang melewati jalan Rembang-Blora, di Kecamatan Sulang sudah banyak terjejer di pinggir jalan para penjual legen dan siwalan.Minuman dan buah yang satu ini cukup sering ditemui ketika Ramadan, karena memang sangat segar ketika dinikmati saat berbuka. Meski di luar bulan tersebut cukup sulit untuk menemukan minuman khas ini, namun jangan khawatir, di Rembang Anda akan cukup mudah untuk mendapatkannya.

Ketika melintas di Jalan Rembang-Blora, Anda akan menemukan buah dan minuman khas ini, yaitu siwalan dan legen. Puluhan pedagang terlihat menjajakan siwalan dan legen di sepanjang jalan ini.Untuk bisa menikmati segarnya legen dan buah siwalan ini, tak perlu khawatir merogoh kocek banyak. Karena, untuk satu bungkus siwalan yang berisi 10 buah siwalan, hanya dihargai Rp 10 ribu. Sedangkan untuk air legen hanya dihargai Rp 5 ribu per botolnya.Harganya sendiri Rp 10 ribu untuk satu bungkus siwalan, dan untuk legennya hanya Rp 5 ribu per botolnya. Selain itu, kita juga menjual air legen untuk bisa diminum di sini. Yakni untuk satu gelasnya dengan dicampur es batu hanya Rp 2 ribu,”

Source http://www.murianews.com/
Comments
Loading...