Menikmati Soto Bopet Rajawali Padang

Menikmati Soto Bopet Rajawali Padang

Dinamakan Bopet Rajawali karena dulu Yusuf, sang pendiri, memiliki klub bulutangkis bernama Rajawali. Bopet sendiri berarti rumah makan kecil atau kedai. Mulanya, rumah makan ini berupa kios kecil di Jalan Muhammad Yamin, Padang, pada 1958. Kios yang tak jauh dari Masjid Muhammadiyah ini dibuka pertama kali oleh Yusuf. Awalnya ia hanya berjualan minuman. Kemudian, ada yang menumpang berjualan soto dan gado-gado di kedai itu. Yusuf hanya mengutip potongan harga dari keduanya. Tahun 1970, Yusuf memutuskan pindah berjualan ke rumahnya di Kampung Jawa Dalam, di belakang terminal bus yang sekarang menjadi Plaza Andalas. Waktu itu, Yusuf sudah membuat gado-gado sendiri sedangkan soto masih dibuat orang lain.

Kedai ini juga sering menerima pesanan pesta dan jamuan tamu VIP Bandara Minangkabau, Padang. Itu bisa terjadi karena kedai ini memberikan harga yang standar untuk menu sotonya. Selain itu, juga menerapkan tiga moto dalam pengelolaannya yang tidak bisa ditawar, yaitu kebersihan, pelayanan, dan citarasa. Dan soal rasa, soto Rajawali memang bisa bertahan kualitasnya. Kini seluruh bahan pembuatan soto diracik oleh Naziah, putri Yusuf, yang menikah dengan Ali, pada 1984. Mereka tidak pernah membeli bumbu jadi dan tidak memakai penyedap. Salah satu yang membuat soto Rajawali enak adalah penggunaan kaldu dari tulang sengkel sapi yang dimasak berjam-jam.

Setiap pagi, soto mulai dimasak pada pukul 03.30. Kuahnya yang dibuat tanpa santan membuat soto Rajawali terasa segar saat disantap, dan sangat cocok dijadikan menu sarapan. Rumah makan yang ramai sejak pagi ini buka mulai pukul 06.30-14.30. Pada akhir pekan soto Rajawali bisa membutuhkan daing sapi hingga 80 kg. Waktu paling ramai adalah pukul 08.30-11.00, di mana biasanya pengunjung yang datang sampai antre.

Harga yang ditawarkan sebanding dengan kelezatannya. Soto daging plus nasi harganya Rp. 23.000, sedangkan soto tanpa nasi Rp. 21.000 per mangkok. Gado-gado Rp. 13.000, sup buntut plus nasi Rp. 28.000 per porsi. Hampir setiap hari ada pembeli yang membawa soto ini ke Medan, Jakarta, dan lainnya. Di sini ada pula menu minuman es cencol Air Mata Pengantin ciptaan Naziah, yang dijual per porsi Rp. 7000. Minuman bernama unik ini hanya ada di Bopet Rajawali. Soto Bopet Rajawali ini terletak di Jl. Ir. H. Juanda No.33, Rimbo Kaluang, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat 25115.

Source http://kulinerbangsakoe.blogspot.co.id/ http://kulinerbangsakoe.blogspot.co.id/2015/08/soto-bopet-rajawali-padang-kelezatan.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.