Menikmati Suasana Kampoeng Ladang, Wisata Kuliner Sumedang

Kampoeng Ladang Sumedang

Jika Anda mengunjungi Kabupaten Sumedang, ada lagi tempat wisata yang wajib dikunjungi. Namanya Kampoeng Ladang yang berlokasi di Desa Margalaksana, Kecamatan Sumedang Utara.

Sumedang, kabupaten di Jawa Barat yang terkenal dengan tahunya, memiliki tempat wisata yang belum banyak diketahui orang. Dapat dikatakan tempat wisata ini masih tersembunyi. Hanya sebagian penduduk Sumedang yang tahu tempat ini.

LADANG VIEW atau KAMPOENG LADANG, itulah nama tempat wisata ini. Berada di puncak bukit dengan lanskap dataran tinggi, pengunjung dapat melihat pemandangan indah terhampar. Terlihat jelas deretan Gunung Tampomas dan Gunung Ciremai, serta kota Sumedang dari puncak LADANG VIEW.

Lokasinya terletak kurang lebih 3 km dari Alun-alun Sumedang. Perlu menempuh jarak sekitar 20 km perjalanan dari kawasan pendidikan Jatinangor, Kab.Sumedang, atau 41 km dari Kota Bandung. Bagi yang ingin berwisata ke tempat ini, tidak disarankan menggunakan bis mengingat jalan yang ditempuh cukup sukar.

Setelah melewati pemukiman warga, jalanan yang lebih menanjak langsung menyambut. Jalan yang kecil, menanjak, dan rusak harus ditempuh untuk sampai ke tempat ini. Mobil dan motor masih bisa menempuh jalan ini, tapi bus tidak akan bisa karena jalan terlalu sempit. Perjalanan yang penuh liku tersebut takkan buat pengunjung stres karena “iringan” pemandangan indah di pinggir jalan.

Suasana tradisional digabung dengan arena outbond adalah ciri khas tempat yang memiliki luas 5 hektare ini.

LADANG VIEW/KAMPOENG LADANG sejatinya adalah lahan pertanian atau ladang yang ditanami palawija dan sayuran. Pengunjung dapat melihat langsung proses penanaman sayur atau palawija, pemupukan dan panen, serta menikmati hasil panen bersama petani setempat.

Pengunjung pun dapat melakukan wisata budaya ke Desa Margaleksana. Jika pengunjung datang dalam jumlah yang besar, maka akan ada sambutan budaya dari Desa Margaleksana. Dapat dilihat kerajinan yang dibuat warga desa. Bahkan pengunjung berkesempatan untuk bercengkerama dan mempelajari kerajinan serta segala aktivitas warga desa.

Tempat wisata ini mengedepankan lokalitas, dengan saung-saung bambu tradisional dan makanan tradisional Sumedang. Pengunjung dapat melihat secara langsung beberapa aktivitas yang dilakukan secara tradisonal, seperti membuatan gula aren, menumbuk padi, memasak di dapur hawu, dan membuat surabi.

Di tempat ini kalau sangat cocok bagi anda untuk acara Out Bond, dan harganya pun relatif murah.

Denah Menuju Lokasi Kampoeng Ladang Sumedang adalah :

– Setelah Pom Bensin Samoja , kira-kira 300m, belok kanan ( patokan plank SMP 7 Sumedang).

– Dari jalan utama (Jl. Pangerang Kornel) 1 KM menuju lokasi Kampoeng Ladang

– Buka juga disini :  http://www.ladangview.com/lokasi-ladang-view.html

Pengunjung dapat menjernihkan pikiran dan menikmati keindahan alam. Dapat dibayangkan nikmatnya duduk di saung nikmati pemandangan sembari santap jagung rebus hasil petikan sendiri dari kebun, ditemani kopi atau teh hangat. Sesekali meluangkan waktu jauh dari kota dan menikmati suasana alam yang asri, bukankah hal itu patut dicoba?

Source Pegimakan.id Sumedangpostonline.blogspot.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.