Menu Unik Di Wedangan Gaul Pak Mul Karanganyar, Jawa Tengah

Memilih tempat makan, bukan melulu soal rasa, tetapi juga soal suasana dan segala keunikannya. Kali ini saya akan membagikan info tentang tempat kuliner yang menyajikan menu-menu dengan istilah unik, kreatif, menarik, dan menggelitik di Wedangan atau Hik Gaul Pak Mul di kawasan Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah.Namun, pemilihan nama-nama menu yang disajikan tersebut, bukan semata-mata mencari sensasi supaya wedangan itu laris.
Kalau tidak percaya, Klikers boleh mencobanya jika hendak berangkat piknik dari arah Solo menuju lereng Gunung Lawu. Menu-menu yang disajikan begitu aduhai dengan pelayanan yang ramah dan humoris.Adapun menu-menu unik itu di antaranya JKJ (Jahe Kencur Jeruk), OBH (Obat Batuk Hik) yang terdiri dari minuman jahe kencur hangat. Meskipun wedangan identik dengan makanan besarnya nasi kucing (nasi sambal dan bandeng) namun wedangan ini menyajikan pula masakan besar ala rumahan yang juga memiliki

istilah-istilah unik, sebut saja Ganja yang merupakan akronim dari menu makan Garangasem Jamur, Pistantul (Pisang Tanpa Tulang) alias Caranggesing, Jenang Manten Anyar (Jenang Tumpang lengkap dengan sayuran), dan Miyabi (Minuman Jahe Asli), Mie Terkam (Mie Telur Kampung).Meskipun menu-menu di Wedangan Gaul Pak Mul ini mengalami pembaruan, tapi tetap tidak meninggalkan ciri khas aslinya, yang menggunakan gerobak panjang untuk menempatkan makanan kecilnya. Untuk memasak air dan kenthalan tehnya pun masih menggunakan jarangan berbahan alumunium yang diletakkan di atas tungku dengan pengapian arang.Untuk minuman favorit di wedangan ini salah

satunya adalah JKJ. Minuman ini terbuat dari jahe dicampur dengan kencur, tak lupa dimasukkan juga gula batu dan gula aren yang kemudian diseduh dengan air panas. Sentuhan terakhir yaitu air perasan jeruk nipis dituangkan ke dalam minuman tersebut.Harga dari masing-masing menu bisa dikatakan lebih sedikit mahal dari kebanyakan menu-menu wedangan biasa.
Tapi jangan salah, porsi ukuran sajian dan keberanian bumbu masakan dan ramuan minumannya tidak akan mengecewakan. Untuk menu wedang atau minuman dibandrol dengan harga antara Rp2.000 hingga yang termahal Rp6.000. Sedangkan untuk makanan, harga sepiring bubur tumpang biasa Rp3.000. Lain lagi kalau bubur ditambah dengan ceker ayam (cakar ayam), harga akan ditambah Rp1.000 rupiah per potong cekernya. Bagaimana, murah kan?
Source http://www.klikhotel.com/blog
Comments
Loading...