Menyantap Hidangan Mediterania di ‘Rumah’ Yunani Gyros Alley, Melawai

Restoran khas Yunani mungkin kurang terdengar gaungnya di Indonesia, jika dibandingkan dengan restoran Korea atau Jepang yang terus saja bermunculan setiap tahun, bahkan hanya dalam hitungan bulan. Namun bagi para penyuka masakan Mediterania, tidak perlu khawatir akan sulit menemukannya terutama bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya.

Di bilangan Panglima Polim, Jakarta Selatan, berdiri sebuah restoran mungil bernama Gyros Alley yang bisa Anda datangi. Meskipun mungil, tempat makan ini cukup catchy karena memiliki ciri khas yaitu pintu berwarna biru terang. Pintu biru terlihat menonjol di antara dinding berpalet pucat abu-abu. Ditambah papan nama yang cukup besar bertuliskan ‘Gyros Alley’ membuat restoran ini lebih mudah ditemukan. Sesuai namanya, alley, yang berarti ‘lorong’, ruangan resto memang tidak terlalu luas. Begitu memasuki ruangan akan langsung terasa nuansa ala Yunani dengan dominasi warna biru, mulai dari meja bar hingga set meja-kursi bermotif geometris dan berbagai hiasan di beberapa tempat. Lantai satu hanya diisi kursi-kursi bar, meja panjang serta beberapa bangku dan sofa. Anda akan melihat lukisan graffiti besar yang semakin mengentalkan ambiens Mediterania. Naik ke lantai dua kapasitasnya lebih banyak, bisa memuat sekitar 20 hingga 30 orang. Di area ini penataannya lebih minimalis. Terdapat sofa panjang dengan beberapa set meja, sofa untuk acara bersantap yang lebih santai juga set meja-kursi. Anda pun bisa memilih duduk-duduk di teras balkon yang memang disediakan bagi pengunjung yang ingin merokok.

Hasil gambar untuk 'Rumah' Yunani Gyros Alley

Meskipun lebih minimalis gaya penataan ruangan ala Yunani tetap terasa. Terdapat dua kursi berwarna biru di depan tangga, juga keramik-keramik motif ulir dan sulur. Di sepanjang dinding pun terlukis graffiti biru bertema Yunani. Secara konsep, restoran ini akan memanjakan mata pengunjung dengan dekorasinya yang unik. Berlanjut ke menu, spesialisasi dari restoran ini, tentu saja, gyros. Gyros merupakan hidangan daging umumnya daging sapi– yang dimarinasi berbagai bumbu khusus selama lebih kurang 42 jam, dan dipanggang perlahan dengan gerakan memutar secara horizontal. Daging kemudian diiris tipis dan disajikan bersama roti pita, salad, saus TzaTziki serta hidangan pendamping lainnya.

Ada dua jenis penyajian Gyros yang bisa Anda pilih di Gyros Alley; dalam bentuk platter atau wrapped. Sebagai hidangan pertama, Wolipop memilih Gyros Lamb Souvlaki yang terdiri dari daging domba panggang, Greek Salad, French Fries dan saus Tzatziki yang dibungkus dalam roti pita. Ukuran gyros cukup besar dan mengenyangkan. Namun jika Anda kurang menyukai domba, menu ini mungkin beraroma terlalu kuat dan irisan dagingnya juga terlalu ‘juicy’ untuk ukuran hidangan daging panggang yang disajikan dalam bentuk wrapped. Tapi bagi pennggemar daging domba, aroma khas yang kuat tidak terlalu mengganggu.

Selain Gyros, restoran ini juga menyediakan berbagai pasta, sup serta pizza. Sementara untuk minuman, andalan Gyros Alley adalah kefir, minuman susu yang difermentasi menggunakan kefir, sejenis biji-bijian yang menghasilkan ragi atau bakteri baik. Rasanya mirip yoghurt hanya saja lebih ringan rasa susunya. Pilihan Wolipop adalah Mix Berry Lassi dengan citarasa asam dan creamy. Ingin sesuatu yang lebih segar? Wolipop merekomendasikan Lemonita Iced Tea, es teh diberi potongan lemon, dengan sentuhan lemongrass yang membuat rasanya segar eksotis. Tertarik mencicip kuliner Yunani yang otentik? Gyros Alley beralamat di Jl. Panglima Polim IX No. 8, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Harga makanan mulai dari Rp 50 ribuan dan minuman dari Rp 30 ribuan.

Source https://wolipop.detik.com https://wolipop.detik.com/read/2016/02/17/171756/3144641/856/santap-hidangan-mediterania-di-rumah-yunani-gyros-alley-melawai
Comments
Loading...