Menyantap Jajanan Kue Balok Kang Didin yang Tersohor di Kota Bandung

Sajian Kue Balok Kang Didin yang nikmat

Satu lagi nih, makanan khas Bandung yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kota Kembang, kue balok namanya. Terdengar seperti kue dengan bertekstur keras, namun aslinya kue ini sangat empuk dan legit.

Sekilas rasanya tidak jauh berbeda dengan kue cubit.

Hanya saja kue balok lebih berukuran tebal, Toppingnya pun nyaris sama seperti cokelat yang berasal dari meses dan keju parut. Nah, ada lagi kesamaan antara kue balok dan kue cubit.

Tempat pemanggang, yang digunakan untuk memanggang kue balok di kedai Kang Didin. Dimana kedua kue ini terasa akan paling nikmat jika disantap saat setengah matang.

Kue balok merupakan jajana tradisional khas Sunda, yang sampai sekarang masih eksis di dunia kuliner Indonesia.

Kue berbentuk balok dengan tekstur yang padat dan rasanya yang manis ini sangat cocok untuk dinikmati kapanpun.

Biasanya, banyak penjual kue balok yang menyuguhkan hidangannya pada pagi hari sebagai menu sarapan, dan pada malam hari sebagai menu camilan. Saat ini di Kota Bandung cukup mudah ditemui penjual kue balok.

Tapi dari sekian banyaknya terdapat beberapa kedai kue balok yang legendaris dan masih bertahan hingga saat ini. Bahkan bisa dikatakan sebagai tempat kue balok favorit di Kota Bandung.

Di Bandung ada kue balok yang cukup populer, namanya Kue Balok Kang Didin. Lokasinya berada di Jalan Abdurrahman Saleh, No. 52, tepat di sekitar Bandara Husein Sastranegara. Dulunya, Kue Balok Kang Didin berupa tenda kecil dengan kursi seadanya.

Suasana Kedai Kue Balok Kang Didin, yang mulai ramai dikunjungi anak muda.

Bahkan, karena sering penuh, kue balok ini kemudian membuka kedai baru diseberangnya.

Kedai baru tersebut, tempatnya semakin luas lengkap dengan kursi dan meja, yang mampu menampung 100 orang.

Hal yang wajar, tempat ini semakin banyak dikunjungi pengunjung, terutama pada akhir pekan. Didalam kios baru tersebut, juga disediakan tempat kusus lesehan.

Banyak kalangan orang tua dan anak muda yang nongkrong di kedai kecil ini dengan sumringah.

Kue balok ini dibuat dengan menggunakan arang yang membara,sehingga membuat adonannya tampak berwarna kecokelatan.

Untuk pilihan rasa kue balok, Anda dapat memilih rasa kacang, cokelat, keju, dan kismis.

Sedangkan rasa yang paling favorit disini, adalah oreo dan tiramisu. Selain rasa yang beragam, Anda dapat memilih kue balok matang atau setengah matang. Tapi yang paling diminati adalah yang setengah matang.

Karena tekstur kue balok yang setengah matang, memiliki rasa yang lebih enak.

Bagian tengahnya yang lumer dan berpadu dengan isisan membuat sensasi rasa yang berbeda di mulut. Selain kue balok, Kue Balong Kang Didin turut menyediakan aneka minuman. Seperti teh hangat dan manis, teh susu, kopi susu, dan kopi hitam, teh telur, es lemon tea dan green tea. Didin selaku Pemilik Kue Balok Kang Didin, menuturkan, usaha kue balok miliknya, telah dirintis sejak tahun 1967 di Jalan Moch Toha. Lalu mulai pindah di Jalan Abdurrahman Saleh, pada tahun 2009 hingga sekarang.

“Usaha ini awalnya dikelola secara turun temurun oleh orang tua saya, dan kini sampai ke tangan saya,” ujar Didin .

Untuk menghasilkan kue balok yang berbeda, Didin mengaku, telah melakukan sejumlah inovasi rasa pada kue balok miliknya.”Saya mengembangkan pilihan rasa pada kue baloknya sehingga tidak monoton, hal itulah yang membedakan rasa kue balok milik saya dengan kue balok lainnya,” jelas Didin.

Rahasia kesuksesan dari usahanya ini, Didin mengatakan, modal dasar yang harus dimiliki adalah ketekunan, bukan hanya sekedar “ingin”, tetapi juga disertai dengan keseriusan dan kesabaran.

Menurut Kani(23), satu diantara pengunjung yang datang, kebanyakan pengunjung yang datang lebih menyukai kue balok setengah matang “Harus coba kue balok setengah matangnya, Rasanya lumer di mulut gitu,” ujar Kania.

Untuk harganya sendiri, satu kue balok dihargai d Rp 2. 500 – Rp 3. 500, sedangkan minumannya cuma Rp 1.000 – Rp 7.500.

Cukup murah meriah,bukan?

Untuk jam operasionalnya, Kue Balok Kang Didin dibuka setiap hari 24 jam non stop, kecuali hari senin buka pada 15.00. WIB.

Source Pegimakan.id www.tribunnews.com
Comments
Loading...