Menyantap Sate Sapi Suruh Ala Pak H Yono di Semarang

Sate Sapi Suruh Pak H Yono

Sate Sapi Suruh dan Tengkleng H Yono Memang Mantap
Sejuk dan asri, mungkin itulah yang terlintas dalam benak kita ketika mendengar kata Salatiga. Kota yang terletak sekitar satu jam perjalanan dari Semarang ini, memang terasa lebih nyaman dari Semarang yang bersuhu lebih panas. Kegiatannya ekonomi dan arus lalu lintas pun tidak sepadat Semarang sebagai ibukota provinsi. Jadi tidak salah jika anda mengunjungi salatiga untuk sedikit melepas kepenatan. Jika anda ingin makan, jangan lupa pilih makanan yang berasal dari Salatiga. Di antaranya adalah Sate Sapi Suruh dan tengkleng.

Sate Sapi Suruh merupakan sate sapi yang berasal dari daerah Suruh, sate sapi ini sudah dikelola lebih dari 20 tahun. Pusat dari Sate Sapi Suruh berada di shopping centre Jalan Jend Sudirman Salatiga. Karena berada si pusat kota, mencari lokasi Sate Sapi Suruh sangatlah mudah. Selain di Salatiga, Sate Sapi Suruh Pak H Yono sudah buka cabang di beberapa kota lainnya. “Di Semarang, Ungaran dan beberapa kota lainnya sudah ada cabang, di sini bisa dikatakan sebagai induknya,” papar komsianah, salah seorang karyawan di Sate Sapi Suruh.

Bagaimana dengan rasanya? Bagi anda penggemar sate, tentu anda harus mencobanya. Sate sapi adalah perpaduan dari rasa sate kambing dan sate ayam. Ketika digigit dagingnya tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras. Aromanya tidak terlalu menyengat tapi akan langsung menggugah selera. Rasanya satenya sangat gurih, dipadu dengan sambal kacang, kekayaan rasapun bertambah mantab. Sebagai pelengkap, anda bisa mimilih lontong atau nasi, sesuai dengan selera anda.

Satu porsi Sate Sapi Suruh berisi sepuluh tusuk sate, jika anda memilih sate sapi daging dan memakannya dengan lontong, harganya sekitar Rp 13.500,-. Tentu pilihannya tidak haya sate sapi daging, anda juga bisa memesan sate sapi daging campur, ini merupakan campuran dari daging dan lemak sapi. Tentu ada sensasi yang sedikit berbeda jika membandingkan sate sapi daging dan sate sapi daging campur. Namun yang jelas keduanya sama-sama nikmat di makan, apalagi di suasana sejuk seperti salatiga.

Tengkleng H Yono
Selain Sate Sapi Suruh, tengkleng juga merupakan masakan yang menjadi ciri khas kuliner di Salatiga. Banyak sekali warung ataupun rumah makan di Salatiga yang menyajikan Tengkleng sebagai menu utamanya. Salah satu yang banyak di kenal adalah Tengkleng Pak H Yono. Tengkleng sebenarnya hanya salah satu menu dari Warung Sate Kambing Pak H Yono. Ada beberapa menu lainnya, seperti Sate Kambing, Sate Ayam, Tongseng, Gulai, dan Gejok. Namun karena tentunya agak sulit mencari tengkleng di kota lain, maka tidak ada salahnya anda mencoba tengkleng ketika berkunjung ke Semarang,

Tengkleng sendiri adalah masakan yang terbuat dari kambing. Aromanya sudah tentu sama seperti masakan yang terbuat dari kambing lainnya. Sangat harum dan menggugah selera kita untuk menyantapnya. Perbedaannya antara gulai, tengkleng, dan gecok memang sangat tipis. Di antara kedua masakan tersebut tengkleng berada di tengahnya. Bedanya adalah di kuah dan bumbunya. Kuah tengkleng tidak sekental gulai dan tidak seencer gecok. Jadi jika mood makan anda sedang tidak suka yang encer atau kental, anda bisa mencoba tengkleng.

Sate Kambing Pak H Yono sudah buka lebih dari sepuluh tahun, dengan mengandalkan kenikmatan rasa, Sate Kambing Pak H Yono menjadi salah satu tempat yang banyak diburu pecinta kuliner ataupun mereka yang sedang ke Salatiga atau juga mereka yang hanya lewat Salatiga. Untuk menemukan lokasi Sate Kambing Pak H Yono tidaklah sulit, karena masih berada di daerah tengah kota. Soalnya harga pun sangat terjangkau.

Alamat

Wonodri,Semarang,Jawa Tengah.

Source pegimakan.id www.simpang5.wordpress.com
Comments
Loading...