Mie Aceh Ganja, Kuliner Khas Aceh

Mie Aceh Ganja

Memang benar kata mitos yang beredar kalau Mie Aceh dimasak dengan menggunakan ganja pada racikan masakannya, namun sekarang udah banyak penjual Mie Aceh di Aceh yang udah meninggalkannya. Kalaupun masih menggunakannya pun dia enggak terang-terangan nulis kalau dia jual “Mie Ganja Aceh”. Biasanya penggunaan ganja cuman berdasarkan permintaan dari konsumen.

Mie Ganja Aceh adalah sebuah mie spesial Khas Aceh, Aceh terletak di Ujung Utara Pulau Sumatera yang dimasak dengan bumbu kare di mana dalam bumbu kare itu udah tercampur dengan ganja. Nah ganja yang ada di bumbu kare ini bukan daunnya, melainkan biji ganja. Penggunaan biji ganja dalam Mie Aceh tersebut sudah diatur sedemikian rupa takarannya oleh sang ahli yaitu si Juru masak sehingga enggak berbahaya bagi kita yang memakannya.

Sering kali kata “ganja” digantikan dengan “bumbu rempah khas” untuk memperhalus nama mie ini. Untuk memesannya ternyata ada sandi khusus lho, jadi kita gak bisa langsung bilang “Bang, pesan mie ganja-nya satu”. Namun sandi khusus itu berbeda-beda di tiap penjual. Mesti pintar-pintar mencari tau dari warga setempat tuh Gan. Tiap penjual yang masih menggunakan bumbu ini ternyata emang memiliki sandi-sandi atau kode yang berbeda untuk memesannya. Jadi kode yang satu tidak bisa digunakan di tempat lain ya.

Memang penggunaan biji ganja ini dilarang, namun sangat sulit melepaskannya dari Warga Aceh karena bagi mereka biji tersebut merupakan penyedap rasa dan sudah digunakan sejak jaman dahulu. Tanaman ini tumbuh begitu subur di tanah ini dan yang sedikit membuat kesal adalah tanaman ini sering disalahgunakan oleh orang-orang di luar sana. Bumbu ini sudah sangat melekat pada diri mereka. Dn untuk Harga Mie (Gorang/Rebus/Tumis) = Rp. 8.000,-, Mie + Udang (Gorang/Rebus/Tumis) = Rp. 15.000,-. Mie + Cumi (Gorang/Rebus/Tumis) = Rp. 15.000,-, Mie + Daging (Gorang/Rebus/Tumis) = Rp. 20.000,-,Mie + Kepiting (Gorang/Rebus/Tumis) = Rp. 50.000,

Source https://www.kaskus.co.id https://www.kaskus.co.id/thread/59a7b71bdc06bda3518b456d/kalo-main-ke-sabang-aceh-agan-wajib-cobain-kuliner-ini/
Comments
Loading...