Mie Kocok Pak Enco, Nikmatnya Kuah Sumsum

Mie Kocok Pak Enco, Nikmatnya Kuah Sumsum

Mie kocok merupakan salah satu kuliner unggulan khas Bandung. Santapan mie berkuah kaldu sapi ini begitu digemari banyak orang, tak hanya penduduk lokal kota kembang saja. Di dekat salah satu pusat oleh-oleh ibu kota Priangan, terdapat salah satu penjual mie kocok legendaris. Namanya, Mie Kocok Pak Enco.

Menjamurnya penjual mie kocok menandakan bahwa panganan yang satu itu memiliki banyak penggemar. Persaingan usaha pun semakin ketat, namun nama-nama legendaris tak akan lepas dari ingatan. Label legend itu membuat sebuah produk memiliki citra lebih prestisius, artinya mencicipi kuliner yang sudah terkenal lezat sejak lama.

Berbicara tentang kuliner jadoel di Bandung, Mie Kocok Pak Enco termasuk dalam daftar tersebut. Ia sudah mulai berjualan sejak tahun 1955. Meski pada saat itu pria asal Garut ini belum mandiri dan masih membantu sang kakak dagang mie yang dikocok-kocok sebelum masuk mangkok itu. Baru tahun 1963 Pak Enco mulai menjajakan mie kocoknya sendiri. Dengan gerobak pikul, ia berkeliling kawasan Kebon Kawung, daerah dekat Stasiun Bandung. Banyaknya penggemar mengembangkan usaha Pak Enco dari gerobak pikul menjadi gerobak dorong. Kemudian ia bekerja sama dengan pelopor roti molen pisang, Kartika Sari, dengan berjualan di depan toko mereka mulai tahun 1970. Masa-masa tersebut merupakan puncak kejayaan Mie Kocok Pak Enco.

Mie Kocok tak seperti mie bakso, kuliner ini menggunakan mie kuning gepeng, kemudian dicampur tauge, kikil atau kulit sapi, kemudian diguyur kuah kaldu lezat. Nah, Mie Kocok Pak Enco banyak digemari karena memiliki toping tauge yang banyak, kikil, sumsum, dan kuahnya yang kental serta gurih. Sajian tulang sumsumnya memang sangat lezat dan lumer dimulut, sehingga membuat siapapun yang mengonsumsinya ketagihan. Meski telah melewati masa-masa kejayaannya, Mie Kocok Pak Enco tak pernah sepi dan tetap setia melayani para pelanggan. Menyajikan cita rasa yang masih tetap sama seperti dulu ketika pertama kali berkeliling.

Hasil gambar untuk Mie Kocok Pak Enco,

Kini Mie Kocok Pak Enco memilih tempat sendiri yaitu di seberang Toko Kartika Sari Kebon Kawung. Untuk menikmati seporsi mie kocok legendaris ini, kita tidak perlu mengeluarkan isi dompet lebih dari Rp. 25.000. Tempat ini dapat dicapai dengan menggunakan angkot jurusan Gedebage – St. Hall (warna hijau muda kekuningan), Antapani Ciroyom (krem dengan strip hijau), Kebon Kalapa – Sederhana (biru tua), atau Sadang Serang – Caringin (biru muda, strip hijau) menuju Jalan Kebon Kawung (Stasiun Bandung). Dari sana Anda tinggal berjalan kaki masuk ke gang H. Akbar.

Source http://kuliner.panduanwisata.id http://kuliner.panduanwisata.id/indonesia/mie-kocok-pak-enco-nikmatnya-kuah-sumsum/
Comments
Loading...