Mie Linggarjati, Sesepuh Yamin Bandung

Mie Linggarjati

Yamin merupakan penganan yang sangat populer di Bandung. Sajian ini biasa ada di tempat makan bakso dan pedagangnya pun bertebaran di kota kembang mulai dari ala resto hingga kaki lima. Bagi penggemar mie yang datang ke Bandung dan mencari patokan yamin enak maka datanglah ke Mie Linggarjati.

Mie Linggarjati terletak di sebuah jalan sempit, yaitu Jalan Balong Gede, di depan alun-alun Bandung. Bangunannya berada di samping ex-Bioskop Dian yang sekarang menjadi kantor notaris. Bioskop Dian adalah salah satu teater tua di Bandung, film-film legendaris semacam Warkop DKI, Si Kabayan, hingga film-film India sering diputar di sana. Sebagai daerah herritage, warung bakso Linggarjati ini pun menempati bangunan kuno. Didominasi warna hijau dengan interior jadul ala warung makan zaman dulu, dari mulai counter kasir, meja dan bangku pelanggan, dinding, serta kipas anginnya. Di tahun 1950 Linggarjati berdiri sebagai warung makan biasa hingga akhirnya memutuskan untuk fokus pada kuliner mie bakso dan yamin. Dikelola oleh orang dari etnis tionghoa dan sudah mencapai generasi kedua, mie Linggarjati ukurannya tebal dan terasa lembut, baksonya kenyal juga padat meski tanpa isi, serta rasa yang gurih mencirikan olahan mie jadul khas tangan engko dan cici. Meski begitu tak perlu khawatir, mie Linggarjati ini halal.

Yamin menjadi menu andalan di Linggarjati dan bisa menjadi patokan untuk menu serupa lain di kota Bandung karena selain lezat harganya pun lumayan mahal. Kita bisa memilih berbagai jenis yamin, ada yang asin dan manis, beserta pelengkapnya seperti bakso, pangsit, hingga babat. Taburan ayam yang melimpah di atas mie begitu lembut bahkan kalau sekilas nampak seperti parutan halus, kemudian ada bawang daun yang memberikan aroma khas dan tekstur crunchy saat mengunyah mie. Kuah bakso nya bening dan tak kelebihan minyak. Di meja tersedia botol-botol saos, sambal, cuka, kecap manis, dan kecap asin untuk memperkaya cita rasa kuah yang gurih. Satu porsi mie Linggarjati, baik yamin maupun mie bakso kuah, cukup untuk dimakan 2 hingga 3 orang. Selain mie, Linggarjati juga terkenal akan es alpukatnya. Ini adalah es alpukat, bukan jus, sehingga daging buah alpukat yang lembut itu tidaklah diblender namun ditumbuk kasar dengan sendok, diberi es serut diatasnya, dan susu kental manis cokelat. Rasanya benar-benar lezat sehingga tak heran begitu melegenda.

Makan di warung mie bakso Linggarjati Anda perlu mergoh kocek sedalam Rp. 25.000 – Rp. 50.000 untuk setiap menunya. Sesepuh yamin Bandung ini beroperasi setiap hari pukul 10.00 – 21.00. Tempat ini dapat dicapai menggunakan angkot jurusan Kebon Kalapa – Buah Batu, Kebon Kalapa – Sukajadi, atau Elang – Cicadas. Anda tinggal berhenti di depan alun-alun atau ex-bioskop Dian kemudian lanjut berjalan kaki sedikit ke dalam Jalan Balong Gede.

Source http://kuliner.panduanwisata.id http://kuliner.panduanwisata.id/indonesia/mie-linggarjati-sesepuh-yamin-bandung/
Comments
Loading...