Mie Putih, Mie Kocok Khas Aceh Barat Daya

Mie Putih, Mie Kocok Khas Aceh Barat Daya

Lidah memang tidak bisa berbohong soal rasa sebuah makanan. Asam, asin, pahit, dan manis semua bisa dirasakannya. Begitu pula dengan lezat tidaknya makanan tersebut. Berbeda dengan perut, organ tubuh ini menerima dengan pasrah semua makanan yang masuk ke dalamnya. Berbicara tentang yang lezat-lezat, ada mie enak yang wajib dicicipi saat bertandang ke Aceh Barat Daya. Salah satu kabupaten di Aceh yang merupakan pemekaram dari Aceh Selatan. Mie putih namanya.

Mie putih adalah mie yang terbuat dari tepung kanji dan berbentuk pipih. Sangat mirip dengan kue tiaw. Hanya saja, mie putih ini disajikan dengan daging cincang dan kuah kaldu. Sayuran seperti sawi dan tauge pun ikut menemani. Tidak hanya itu, acar bawang, pergedel kentang, telur rebus, plus saos kecap juga menjadi pendamping saat mencicipi makanan ini.

Di Abdya, begitu kota ini disebut, ada dua tempat makan mie kocok yang paling lezat. Pertama di Warung Mak Inang yang terletak di Kecamatan Susoh dan yang kedua di Warung Asia yang posisinya tepat di Blangpidie, ibu kota Abdya. Rasa mie di kedua warung ini sama-sama enak. Kalau di warung Mak Inang, mie putihnya kenyal dan tidak lengket satu sama lain, tetapi daging cincangnya kurang banyak. Sedangkan di Warung Asia mie putih agak sedikit lengket. Tapi daging cincang di warung milik warga keturunan Tiong Hoa ini  lebih banyak dan maknyus.

Selain mie putih kuah, ada juga mie putih goreng. Dengan menggunakan bumbu yang terbuat dari campuran cabe kering dan aneka rempah-rempah lainnya serta telur orak-arik, mie putih goreng juga terasa pas di lidah. Daging cincang dan acar bawang juga tidak ketinggalan ditambahkan dalam mie putih goreng tersebut.

Waktu paling tepat menikmati mie putih itu tidak menentu. Kadang pagi-pagi kedua warung itu sudah penuh dengan orang-orang yang ingin sarapan mie putih di sana. Siang dan sore hari warung ini juga rame dikunjungi pelanggan. Namun, saat azan magrib berkumandang, kedua warung ini tutup dan baru buka keesokan harinya.

Harga mie putih ini cukup terjangkau. Hanya Rp 8.000 per porsi. Minuman yang disediakan juga standar, air mineral, teh, atau minuman kaleng. Menikamati mie putih ini dengan segelas teh hangat yang hanya 3000 rupiah.

Source http://helloacehku.com http://helloacehku.com/mie-putih-mie-kocok-ala-aceh-barat-daya/
Comments
Loading...