Nasi Cikur Khas Tasikmalaya yang Menggoda Lidah

Tasikmalaya merupakan gabungan dua suku kata yaitu “Tasik” yang artinya danau atau laut dan kata “Malayah” yang artinya deretan pegunungan yang bertebaran. Kalau digabungkan berarti daerah atau wilayah pegunungan yang bertebaran dan banyak danaunya.

Tasikmalaya populer dengan banyaknya pedagang dengan sistem kredit. Banyak penduduk asli punya profesi sebagai pedagang dan merantau ke daerah-daerah lain. Tentu karena di Tasikmalaya memiliki produk atau hasil yang melimpah sehingga harus dipasarkan ke luar daerah.

Selain itu Tasikmalaya juga terkenal dengan masyarakatnya menjunjung tinggi nilai religi yang kuat, kerajinan bordir, kelom geulis dan pemandangan alamnya, Tasikmalaya juga memiliki berbagai kuliner khas. Salah satunya yaitu Nasi Cikur.

Makanan khas Tasikmalaya Jawa Barat yang pertama adalah Nasi Cikur. Cikur berarti kencur dalam bahasa Sunda. Tanaman obat ini juga merupakan bumbu dapur yang sedap. Masyarakat Tasik mengolahnya menjadi nasi goreng kencur atau dikenal dengan sebutan nasi cikur.

Nasi Cikur bumbunya memakai kencur muda atau kencur yang bertunas dengan umbi masih putih warnanya. adapun bumbu lain untuk membuat nasi kencur ini diantaranya bawang merah, bawang putih, garam, terasi goreng. Bahan lainnya terdiri dari nasi putih, minyak sayur, dan cabai merah besar yang dihaluskan.
Nasi Cikur biasanya dinikmati dengan ragam lauk seperti telur dadar, suwiran daging ayam, tahu goreng, serundeng, Acar wortel, dan keripik tempe. Ada juga yang senang menyantap nasi cikur dengan sambal goang yang pedas menyengat.
Salah satu sajian nasi cikur terkenal di Tasik adalah Nasi Cikur Teh Rena yang terletak di Jl. Panyerutan, Nagarawangi, Cihideung, Tasikmalaya, Jawa Barat. Nasi Cikur Teh Rena harganya terjangkau hanya Rp 5.000 per porsi. Nasi Cikur Teh Rena buka dari jam 06.00 pagi.
Selamat Mencoba.
Source Pegi Makan Nasi Cikur
Comments
Loading...