Nasi Kapau Uni Cah Bukittinggi

Nasi Kapau Uni Cah Bukittinggi

Sesuai nama rumah makannya, pemiliknya memang bernama Uni Cah. Menu rumah makan maupun kedai nasi Kapau sedikit berbeda dari rumah makan Padang, baik secara proses maupun penyajiannya. Rumah makan Padang dan kedai nasi Kapau memiliki menu khas seperti gulai sayur nangka yang biasanya terdiri dari nangka muda, kol, dan rebung.

Hasil gambar untuk Nasi Kapau Uni Cah Bukittinggi

Menariknya, di rumah makan Padang, sayuran ini dipotong kecil-kecil, sementara pada menu nasi Kapau, sayuran disajikan utuh. Kol, misalnya, disajikan selembar utuh, sementara kacang panjang hanya dibagi 2-3 potong per lonjor. Menu lain yang menjadi ciri khas nasi Kapau adalah gulai usus sapi yang berisi campuran tahu dan telur ayam yang sudah dihaluskan. Selain itu perbedaan juga terletak pada bumbu. Bumbu di rumah makan Padang umumnya ditumis, sementara di rumah makan Kapau tak ada yang ditumis.

Menu nasi Kapaunya tetap diburu pelanggan sehingga makin lama usahanya makin maju dan bertahan hingga sekarang. Yang terkenal dari masakannya adalah rendang ayam, gulai tunjang, dan usus. Uni Cah juga menyediakan menu ikan bertelur. Di antara bumbu rendang yang lezat dan berwarna gelap, terselip pula dakak-dakak alias potongan singkong berukuran kecil yang membuat rendang terasa renyah. Sejak awal hingga sekarang, Uni Cah berbelanja dan memilih sendiri bahan bakunya agar kualitas tetap terjaga. Ia juga membuat bumbu dan memasak sendiri. Pagi pukul 09.00-22.00, rumah makannya siap melayani pembeli.

Harga menu di rumah makannya lebih mahal dibanding tempat lain. Tapi Uni Cah menawarkan ukuran ikan yang lebih besar, juga dengan irisan lauknya. Kalau diramaskan atau dicampur langsung di piring, sayurnya diberi gratis. Harga menu di rumah makan Uni Cah paling murah sekitar Rp 35.000, yaitu tunjang atau ayam, sedangkan ikan bakar bisa mencapai Rp 60.000 per ekor. Kalau sedang libur panjang atau Lebaran, rumah makannya tak pernah sepi pengunjung, termasuk dari berbagai kota seperti Medan, Jambi, Jakarta, dan Pekanbaru. Nasi Kapau Uni Cah yang ada di Jalan Raya Padang Luar KM 4.

Source http://kulinerbangsakoe.blogspot.com/ http://kulinerbangsakoe.blogspot.com/2015/12/nasi-kapau-uni-cah-bukittinggi-digemari.html
Comments
Loading...