Nasi Kuning Khas Kuliner Banjarmasin Kalimantan Selatan

Nasi Kuning Orari

Nasi Kuning

Meski identik dengan soto banjar tapi tak ada salahnya mencoba kuliner lain di kota ini, salah satunya nasi kuning. Nasi kuning di Banjarmasin merupakan salah satu menu favorit sarapan. Hampir semua warung makan yang buka pada pagi hari selalu menyediakan makanan yang satu ini. Biasanya dikombinasikan dengan menu sarapan lainnya seperti lontong atau bubur ayam.

Beberapa warung menyajikan nasi kuning dengan bungkus daun pisang, beberapa menggunakan kertas pembungkus. Sedangkan untuk makan di tempat biasanya disajikan dalam piring. Lauk yang lazim disajikan dan menjadi ciri nasi kuning khas Banjar adalah ikan haruan. Jenis ikan ini memang menjadi lauk favorit. Haruan yang dalam bahasa Indonesia berarti ikan gabus diolah dengan bumbu habang (merah) khas Banjar. Pilihan lainnya adalah hintalu (telur) dan ayam. Beberapa tempat menyediakan dendeng dan hati.

Jika anda sedang berkunjung ke Banjarmasin, tak perlu jauh-jauh mencari nasi kuning. Begitu anda keluar dari hotel, lalu anda lihat kerumunan orang di sebuah warung di ujung jalan, maka dapat dipastikan ada warung nasi kuning. Budaya mawarung masyarakat Banjar di pagi hari turut menyumbang maraknya warung nasi kuning di kota ini

Beberapa pilihan tempat makan nasi kuning :

  • Nasi Kuning Andalas, cukup favorit dengan pilihan lauk yang lengkap di Jl. Perintis Kemerdekaan
  • Nasi Kuning Cempaka, warungnya legendaris di area Pasar Baru
  • Nasi Kuning Lontong Orari, buka sampai dini hari di Jl. Seberang Mesjid
  • Nasi Kuning Pasar Lama, banyak warung banyak pilihan
Source pegimakan NasiKuning
Comments
Loading...