Nasi Kuning Saroja Manado, Kuliner Lezat Dengan Rempah Khas Manado

Ada yang sudah pernah berkunjung ke Manado? Pasti sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Ya, Nasi Kuning Saroja.

Sejarah Rumah Makan Nasi Kuning Saroja Manado

Rumah Makan Nasi Kuning Saroja Manado didirikan oleh pasangan suami istri Salma Simen dan Abubakar tahun 70-an. Pemilihan “Saroja” punya kisah sendiri, yaitu singkatan dari nama anak-anak Hj Salma, yaitu: “Saidah”, “Rafiah” dan “Jafar”. Kebetulan, Abubakar, sang suami, senang dengan sebuah lagu berjudul “Seroja”. Klop sudah. Jadilah nama “Seroja” atau “Saroja”

Nasi kuning sebenarnya bukan khas Manado, karena beberapa daerah lain, khususnya Jawa, memiliki kuliner ini dengan citarasanya sendiri. Nasi Kuning Saroja berbeda dengan nasi kuning Jawa, karena terdiri dari irisan ikan cakalang, daging sapi, sambal dan bawang goreng. Pembeli dapat juga meminta disertakan dengan satu buah telur rebus. Hmm, mantap…

Meski dicampuri dengan irisan ikan cakalang, nasi kuning ini tak berbau amis, karena telah melalui proses pengolahan dengan rempah-rempah.

Rumah makan yang masih tetap sederhana ini tak jauh dari pusat kota Manado. Sangat mudah dijangkau dengan angkutan umum.

Para pelancong atau Manado diaspora, jika akan meninggalkan kota Manado, tak lupa membeli nasi kuning ini untuk dibagikan kepada para kerabatnya di tanah rantau. Dan, nasi kuning ini akan dibungkus dengan daun woka (sejenis Janur/Lontar), yang membuatnya tidak bau dan tahan basi selama berjam-jam, daun woka ini akan membuat nasi kuning Saroja tetap terasa lezat dan gurih.

Jam Buka

Rumah makan ini buka dari pukul 08.00 sampai pukul 22.00 WIB.

Bagi Anda, para pegimakan lovers sebaiknya tidak datang ke rumah makan ini tepat di jam makan siang, karena Anda akan kesulitan untuk mendapatkan tempat di sana.

Alamat RM. Nasi Kuning Saroja Manado

Jl. Diponegoro No. 9, Manado. Tlp. 0431-851597

Harga

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 11.000,- per porsi.

Nah, menarik bukan?

Selamat berkuliner pegimakan lovers.

Sumber gambar: telusurindonesia.com

pegimakan.id

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.