Nasi Kuning Sumur Bandung

Nasi Kuning Sumur Bandung

Salah satu menu sarapan yang lazim dikonsumsi orang Indonesia adalah nasi kuning. Di Bandung pun setiap pagi penjual nasi yang khas ini nangkring di tepi jalan. Tapi bila Anda bosan dengan menu pelengkap nasi kuning yang itu-itu saja, maka harus mencoba Nasi Kuning Sumur Bandung.

Nasi Kuning Sumur Bandung lebih dikenal dengan nama Nasi Kuning SSC, karena gerobaknya dulu mangkal di depan tempat kursus Sony Sugema College Sumur Bandung. Kini berpindah ke ujung Jalan Sumur Bandung, dekat dengan Jalan Taman Sari. Nasi kuning yang sudah eksis sejak tahun 1996 ini salah satu pedagang yang masih mempertahankan seni membuat nasi kuning tradisional. Zaman sekarang semakin marak penggunaan pewarna dan bumbu instan dalam proses masak, tetapi Nasi Kuning Sumur Bandung menyiapkan dagangannya sejak jam 11 malam. Dimulai dengan memasak nasi, kemudian mencampurnya dengan kunyit hingga didapat warna kuning alami, lalu memasak lauk pauk. Dalam membuat nasi kuning memang tidak bisa tergesa-gesa, semua tahapan harus dilalui untuk menghasilkan nasi kuning yang pulen dan lezat.

Pelengkap nasi kuning biasanya hanya berupa abon, irisan telur dadar atau telur balado, orek tempe, bihun, mentimun, dan sambal. Ada pula beberapa yang menambahkan ayam goreng. Tapi di Nasi Kuning Sumur Bandung terdapat 10 jenis lauk pauk dan kita akan membayar sesuai dengan lauk yang dipilih. Telur dadar, perkedel, bihun, dan ayam goreng adalah beberapa pilihan dari 10 pelengkap nasi kuning yang tersedia. Unggulan lauk pauk yang harus dicoba ketika baru pertama kali mencicipi nasi kuning ini adalah ati ampela dan daging giling. Ati ampelanya sangat gurih, sedangkan daging gilingnya empuk. Dua sajian ini merubah image sekaligus memberi suasana baru pada rasa nasi kuning.

Nasi Kuning Sumur Bandung buka setiap Senin hingga Minggu, mulai pukul 05.00 – 14.00. Tak jarang sebelum pukul dua siang pun nasi beserta lauk pauknya sudah ludes. Paling tepat menikmati Nasi Kuning Sumur Bandung adalah di pagi hari. Tak perlu ragu untuk menyambanginya, karena harga yang ditawarkan cukup murah dan kita bisa menyesuaikan dengan isi kantong. Siapkan saja Rp. 10.000 – Rp. 15.000. Tempat ini bisa dicapai menggunakan angkot jurusan Caheum – Ledeng atau Cisitu – Tegalega, kemudian turun di Jalan Sumur Mandung.

Source http://kuliner.panduanwisata.id http://kuliner.panduanwisata.id/indonesia/sarapan-nasi-kuning-istimewa-di-sumur-bandung/
Comments
Loading...