Nasi Pecel & Rawon Tulungagung Kuliner Balikpapan

APABILA membahas mengenai makanan khususnya di Balikpapan,  pasti  tak ada habisnya. Pasalnya, kuliner di kota ini  terus berkembang dan bermacam-macam. Mulai dari seafood hingga makanan tradisional khas Banjar, Makasar hingga Jawa.

Hal ini disebabkan karena penduduk Balikpapan heterogen atau dari berbagai suku. Ada dari Bandung, Semarang, Surabaya, Jakarta, Medan, Banjarmasin, Pontianak, Makassar, Manado serta kota lainya.

Karena penduduknya yang heterogen sehingga jenis  makanannya bervariasi. Salah satu kuliner yang dijual siang dan malam pada sejumlah warung makan di Balikpapan yakni nasi pecel.

Yuli pedagang nasi pecel di kawasan Jalan Siaga, Kelurahan Damai Balikpapan Kota menjelaskan, nasi pecel terdapat beberapa macam.

“Ada nasi pecel Madiun dan nasi pecel Tulungagung,” ungkap Yuli

Dijelaskannya, nasi pecel Tulungagung itu cukup beda dengan nasi pecel Madiun. “Menurut saya, bumbu pecel Tulungagung cenderung lebih manis jika dibanding bumbu pecel Madiun,” ujarnya.

Ia mengaku  mengenai rasa lauknya tergantung penjualnya.

“Kalau untuk jenis sayurannya, juga hampir sama semuanya. Ada kecambah (tauge) kacang panjang, kangkung atau bayam, irisan mentimun kecil-kecil, kecipir dan daun kemangi. Kadang ada juga yang ditambah lontong atau jantung pisang. Itu diiris-iris jadi seperti sayur,” jelasnya.

Berbagai variasi pecel pincuk yang penyajiannya khas dengan menggunakan daun pisang akan lebih nikmat.

“Bau daun pisangnya itu meresap hingga ke nasi yang panas. Rasanya jadi lebih sedap,” pungkasnya.

Diwarung ini juga tersedia Rawon,rasanya enak dagingnya pun empuk

Kuahnya segar bikin selera makan bertambah,yuk silahkan mencoba!!

Source Pegimakan.id balikpapan.prokal
Comments
Loading...