Nasi Timbel Bawean, Jagoannya Timbel Bandung

Nasi Timbel Bawean, Jagoannya Timbel Bandung

Salah satu makanan sunda yang populer adalah nasi timbel. Penganan ini jadi begitu istimewa karena penyajiannya berbeda, sehingga tak heran jika banyak orang menyukainya. Di Bandung penjual nasi timbel sudah tak terhitung lagi, namun satu yang namanya tetap harum seharum nasinya adalah Timbel Bawean.

Bagi Anda yang masih bertanya-tanya apa itu timbel, yaitu nasi panas pulen yang dibungkus daun pisang sehingga lebih padat. Daun pisang ini memang memberi efek aroma wangi pada nasi sehingga menggugah selera pemakannya. Biasanya nasi timbel disantap bersama beragam lauk pauk khas sunda, lalapan, dan sambal. Timbel Bawean adalah salah satu yang paling populer.

Pedagang ini sudah eksis menjual timbel sejak tahun 1985 dan berjualan menggunakan gerobak. Gerobaknya biasa mangkal di sebuah garasi rumah di Jalan Bawean, sehingga pengunjung bisa makan lebih nyaman di dalam ruangan. Sistem penjualan yang digunakan adalah swalayan alian self-service. Dimana kita mengambil nasi dan lauk pauknya sendiri kemudian membayarnya ke kasir. Selain teh gratis, di sana pengunjung juga dapat memesan aneka jus.

Pilihan nasi terdiri nasi putih dan nasi merah, lauknya tertata rapi di sebuah gerobak besar. Ada ikan mas goreng, ikan nila, mujaer, kemudian ayam goreng, ati ampela, tahu, tempe bacem, gepuk, beragam pepesan, ikan asin, dan tentu saja sayur asem, serta sambel. Ayam, ikan, dan tahunya digoreng dadakan sesuai pesanan, sedangkan untuk lauk pauk lain yang sudah dingin bisa minta untuk digoreng ulang atau dihangatkan. Bumbu-bumbu yang digunakan terasa lezat dan pasti gurih sesuai ciri khas rasa masakan sunda. Seperti bumbu kuning ayam dan ikan, begitu menggoyang lidah ketika dilahap bersama nasi yang wangi daun pisang.

Makan di timbel bawean harganya disesuaikan dengan lauk pauk yang dipilih, namun Anda cukup menyediakan Rp. 15.000 – Rp. 25.000 saja. Setiap hari Senin hingga Minggu Timbel Bawean beroperasi pukul 07.00 – 16.00 di Jalan Bawean, tepat diseberang Toko Kue Bawean yang juga legendaris. Sorenya mereka mangkal di Jalan Belitung No. 11 hingga pukul 22.00.

Jalan Bawean ini letaknya di seberang Stadion Siliwangi. Untuk mencapainya Anda harus naik angkot Abdul Muis (Kebon Kalapa) – Cicaheun via Aceh (warna hijau, merah marun, trayek 02) dan turun di Stadion Siliwangi atau naik Abdul Muis (Kebon Kalapa) – Ledeng (hijau, biru muda) kemudian turun di depan Jalan Bawean.

Source http://kuliner.panduanwisata.id http://kuliner.panduanwisata.id/indonesia/nasi-timbel-bawean-jagoannya-timbel-bandung/
Comments
Loading...