Ngopi Sambil Shopping Di Rubeka Cafe Batam

Rubeka Cafe

Suasana Rubeka Cafe. Di Cafe ini, pengunjung bisa ngopi sambil belanja barang bekas berkualitas.Berawal dari hobi mengumpulkan barang-barang bekas, kini Ron Fabro berhasil membuka café pada April 2016 lalu, yang didekorasi dari barang pasar loak.

Café itu bernama Rubeka Cafe yang merupakan akronim dari Rumah Barang bekas. Rubeka berlokasi di komplek Superblock Imperium Blok B25-26, Batam Centre. Rubeko Ron tampak sedang asyik menata Rubeko-nya.

Barang-barang bekas terpajang di setiap dinding dan sudut café tersebut. Tanan yang rapi, menghasilka tata letak interior yang apik di pandang mata. “Rubeka itu sebenarnya singkatan yang artinya rumah barang bekas. Semua barang yang ada disini itu second,”kata Ron saat diajak mengobrol.

Asiknya lagi, selain sebagai dekorasi café, ternyata setiap barang bekas disini bisa dimiliki oleh pengunjung. Tentu saja dengan cara membelinya dari Ron. Tidak hanya dekorasi café, Ron juga memanfaatkan barang-barang bekas sebagai furniture, seperti meja dan kayu, lemari, jendela, dan lainnya yang dibuat dari payu pallet bekas.

Dalam ruangan yang tidak terlalu besar, Rubeka dipenuhi dengan segala macam pernak-pernik, mainan dan aksesoris untuk segala usia. Ada dua lantai di café ini. Saat masuk ke Rubeka, pengunjung akan melihat sebuah ruangan yang dipenuhi dengan mainan.

Di sana juga ada meja dan kursi beralas rumput sintetis untuk santai. Di atasnya sudah tersedia set catur. Ada pula sebuah ranjang yang diletakkan di depan pintu masuk dan berisi boneka. Di dalam rak-rak, terpajang mobil-mobilan kecil. Di ruangan itu pun ada piano klasik yang bisa dimainkan. Bahkan di dalam toilet dihiasi dengan boneka-boneka yang dijejer rapi di dinding.

Di lantai dua, dekorasinya juga tidak jauh berbeda, penuh dengan barang bekas. Namun, benda-benda second hand yang ada di lantai ini kebanyakan baju, dominannya baju perempuan. Ada pula topeng topeng wajah dan barang elektronik. Banyaknya koleksi Rubeka, Ron tak tahu lagi berapa banyak barang yang ada di sana.


Ke depan akan dibuat permainan go cart offroad, masih dengan tema yang sama yaitu barang bekas.
Bagi yang ingin melakukan syuting atau foto-foto untuk pre-wedding, Rubeka bisa menjadi tempat yang apik tanpa harus membayar sewa.
Coffee Shop sekaligus Toko

Konsep café Rubeka ini adalah menggabungkan antara toko dan café. Pengunjung yang tidak suka berbelanja, bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang rata-rata antic tersebut untuk bermain sambil menikmati sajian ala Rubeka. “Rata-rata yang datang ke sini, awalnya cuma main-main dengan barang bekas yang ada. Eh lama-lama suka dan membelinya, terutama anak-anak yang doyan mainan,”kata Ron.
Ron juga menjamin, menikmati makanan Rubeka sambil bersantai akan membuat pengunjung betah layaknya bermain di rumah sendiri.

Rubeka diklain Ron sebagai coffee shop pertama dengan konsep ruangan yang penuh dengan mainan dan barang reycle. Rubeka juga cocok untuk segala usia karena mainan yang ada tidak hanya untuk anak-anak tapi orang dewasa. “Selain barang bekas, barang-barang yang saya temui harus unik juga saya ambil dan dijadikan koleksi Rubika. Belum ada Coffee shop kayak gini, saya suka hal yang berbeda. Lain daripada yang lain,” kata Ron.
Kopi Brew atau Espresso?

Rubeka juga bisa dijadikan tempat hangout yang enak, karena konsepnya seperti rumah jadi bisa nyaman untuk bersantai. Sambil hunting-hunting dengan segala yang ada di Rubeka, coffee shop menyediakan beberapa jenis kopi mulai dari manual brew hingga yang menggunakan mesin esspresso.

Pilihan kopi untuk manual brew di Rubeka seperti Cifon, V6t, Vietnam, dan flat bottom.Kopi manual brew ini menggunakan biji kopi yang berasal dari Kintamani dan Toraja.

Sedangkan untuk kopi di mesin espresso, berasal dari Kintami, Mandailing, Bali, dan Aceh Gayo. Jenis minuman yang bisa dihasilkan menggunakan mesin espresso seperti latte, cappuccino latte, mochaccino latte, dan tiramisu latte.
Asiknya lagi, art di atas coffee latte bisa dipesan sesuai selera pengunjung.

“Art untuk kopi latte bisa di-request sesuai selera. Dan sistemnya yang mau pesan kopi langsung ke bar. Pesan dan langsung bayar di tempat, minuman langsung dibawa karena kami tidak ada waitress,” kata Hendra Ogi selaku barista di Rubeka coffee shop.

Selain bisa menikmati kopi, di Rubeka juga menyediakan camilan seperti ubi goreng, pisang goreng, tapai goreng, potato wedges, pepperoni pizza, mushroom pizza, nugget, fried chicken, hot dog, salad, spaghetti mushroom, spaghetti BBQ, spaghetti black pepper, beef burger, cheese beef burger, French fries, chicken katsu, dan chicken mayo.

Tips Nyaman Belanja Barang Bekas di Rubeka
1. Pilih tempat duduk di depan pintu masuk yang terdapar catur di atas meja.
2. Di pojok ruangan yang ada meja dan kursi recycle. Ini cocok untuk beramai-ramai. Saat Anda duduk disini, akan merasa terlindungi karena ada kayu yang tersusun sehingga membentuk seperti atap dan terdapat meja di atasnya.
3. Di bawah tangga untuk tempat duduk lesehan

4. Private room di lantai satu. Ini cocok untuk meeting kecil atau yang lagi butuh ketenangan sambil mengerjakan tugas.
5. Lesehan di lantai dua yang mirip dengan restoran Jepang.
6. Untuk menu, kopinya memang lezat dengan harga mulai dari Rp18 ribu sampai Rp35 ribu. Sementara makanannya dari harga Rp15 ribu sampai Rp40 ribu.
7. Jam bukanya pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Source pegimakan.id www.tribunnews.com
Comments
Loading...