Nikmat dan Gurihnya Ayam Betutu Ibu Lina Khas Bali

Wisata Kuliner adalah salah satu yang tidak bisa dipisahkan dalam perjalanan tour ke Bali. Salah satu ciri masakan Bali yang terkenal adalah ayam Betutu, kuliner ini memang sangat digemari dan oleh beberapa penggemarnya menjadi makanan favorit.

Ayam betutu merupakan salah satu kuliner yang paling diburu para wisatawan di Bali, baik oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Menu khas Bali ini, berbahan dasar ayam kampung yang dibaluri dengan aneka bumbu khusus yaitu terdiri atas jahe, kencur, kunyit, bawang merah, bawang putih, lombok besar, lombok kecil, kemiri, cabai merah dan rawit, terasi, serai, merica, lengkuas,pala, sejumput sayur urap, kacang tanah goreng, telur rebus, dan sambal matah (sambal mentah) yang berisi irisan bawang merah, cabai dibubuhi sedikit minyak kelapa sehingga menghasilkan cita rasa yang pedas dan gurih.

Ayam  sendiri cara mengolahnya ada yang kering dengan cara dikukus sehingga tidak banyak mengandung air dan ada juga yang basah dengan cara direndam dan direbus sekalian dengan bumbu rempah-rempah khas Bali yang sudah dikombinasikan. Bagian dalam perut ayam diisi dengan daun singkong dengan bumbu yang sudah disiapkan begitu juga dengan tubuh ayam. Setelah dibungkus denga rapat menggunakan daun pisang, kemudian dikukus ataupun dioven. Tidak semua warung makanan di pulau ini meyediakan sajian khas ini, karena proses memasaknya sedikit lebih rumit dibandingkan dengan masakan lainnya, sehingga cita rasa yang dihasilkan memang sangat gurih.

Menurut Data LPPOM MUI Bali mencatat bahwa saat ini, baru ada dua restoran penyaji ayam betutu yang telah bersertifikat halal, yaitu restoran milik ibu Lina dan restoran milik ibu Agung Wulan.

Warung Ayam betutu milik ibu lina terletak di  Gilimanuk, Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.Selain Ayam betutu nya,warung milik ibu lina ini menyediakan beberapa menu lainnya seperti plecing kangkung dll. untuk satu porsi ayam betutu utuh dihargai Rp 90.000, satu bakul nasi putih hangat + plecing kangkung + sambal matah + kacang goreng + 3 gelas teh hangat dihargai Rp 30.000. Warung ibu lina buka dari jam 07.00 sampai jam 22.00.

Selamat Mencoba Pegimakan Lovers.

Source Pegi Makan
Comments
Loading...