Nikmat dan Sedap Olahan Gurame Ala Rumah Makan Timbul Roso di Jogja

Rumah Makan Timbul Roso

Dari luar, rumah makan itu terlihat rindang. Bermacam pohon tumbuh. Dari nangka, melinjo, jati, hingga kelapa dan aren. Di selanya jalan setapak dari semen menghubungkan satu saung dengan saung lainnya. Beberapa di antara saung-saung berukuran sekitar 3×3 meter dan beratap genting serta berdinding gedek itu berdiri di atas kolam air penuh ikan. Inilah wajah rumah makan Timbul Roso yang begitu asri.

“Dulunya ini memang kebon,” kata Nur Dayat, manajer rumah makan itu. Muryadi, pemilik lahan sekaligus rumah makan itu, kata Dayat, lantas “menyulap” lahan seluas 2 hektare ini menjadi rumah makan pada 2000. Suasana kebun yang alami tetap dipertahankan. “Konsepnya seminatural,” ujar Dayat menjelaskan.

Terletak di lereng Gunung Merapi, rumah makan Timbul Roso berada di Jalan Cangkringan, Wukirsari, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, tempat ini bisa dijangkau dengan perjalanan kendaraan bermotor selama 20 menit.

Panas Kota Yogya bisa langsung didinginkan oleh tempat ini. Sembari menikmati sajian makanan yang ditawarkan, pengunjung dihibur dengan gemericik suara air dan isis semilir angin. Tepat di belakang rumah makan itu pengunjung bisa menyaksikan aliran di Kali Kuning, yakni sisa lava pijar erupsi Merapi .

Tak sekadar menawarkan keelokan dan suasana alam, Timbul Roso sekaligus menawarkan menu andalan, yakni serba gurami. Nikmat dan sedap gurami, baik dibakar maupun digoreng, ditambah “wedang top” cukup menambah kehangatan suasana makan Anda.

Gurami bakar pedas kuning adalah salah satunya. Daging ikan gurami sebesar rentangan telapak tangan disajikan di atas nampan perak berbentuk oval. Siripnya gosong kehitaman. Tapi dagingnya tetap terlihat segar. Apalagi ikan yang dimasak baru diangkat dari kolam.

Bertabur bumbu rempah bercampur kunyit, aroma sedapnya begitu menawan di hidung. Sembari menunggu hidangan tersaji, pengunjung disuguhi semangkuk kacang goreng rebus, gratis. “Menu andalan di sini memang semuanya gurami,” tutur Dayat.

Ada tiga menu andalan di rumah makan ini. Selain gurami bakar pedas kuning, ada gurami goreng bakar pedas dan gurami acar matang.

Jika tak terlalu berselera dengan makanan pedas, Anda bisa memesan gurami acar matang. Gurami goreng yang ditaburi acar berupa irisan mentimun, wortel, dan bawang merah. Kuah acar tak terlalu asam, sementara daging ikannya terasa sedikit manis.

Namun, jika merasa kurang pedas, rumah makan ini menyediakan menu bermacam sambal secara terpisah. Dari sambal lombok ijo, kecap colo-colo, bawang-tomat, serta sambal terasi matang atau mentah. Sambal kecap colo-colo adalah sambal kecap bercampur irisan kecil mentimun. Ditemani dengan seporsi sayuran–terancam atau karedok–cuwilan daging gurami yang dicocol sambal pun kian nikmat disantap.

Ketiga menu gurami andalan itu ditawarkan dalam porsi dan harga berbeda. Porsi sedang, besar, dan super yang sesuai dengan ukuran ikan serta kebutuhan. Ditemani sebakul kecil nasi, seporsi gurami ukuran besar cukup untuk mengisi perut 2-3 orang. “Over all, enak,” kata Ari Wahyudi, seorang pengunjung, tentang masakan di rumah makan ini.

Adapun untuk menu minuman tersedia bermacam wedang top. Di antaranya wedang serai dan kopi bumbu. Hangat aroma dan rasa serai pada wedang serta bumbu rempah pada kopi cukup menjadi penawar dingin udara. Namun jika cuaca sedang terik, ada pula minuman dingin segar penawar dahaga. Dari es jeruk nipis squash hingga es gula asem squash.

Dayat mengatakan tak sekadar menawarkan menu untuk perorangan, Timbul Roso juga menawarkan sejumlah menu paket, dari 5 orang hingga 25 orang. Menunya pun lengkap dan bervariasi, dari gurami dan sup hingga minuman dan seporsi buah segar. Tempatnya yang luas pun bisa menampung hingga 500 orang.

Selain itu, lantaran hidangan andalannya yang nikmat serta suasana khas alam yang ditawarkan, Timbul Roso kerap menjadi langganan sejumlah orang terkenal. Pelawak Tukul Arwana bahkan pernah berkali-kali mampir ke tempat ini. “Dia empat kali makan di sini,” kata Dayat.

Rumah Makan Keluarga Timbul Roso

Jalan Cangkringan Brayut, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Kapasitas hingga 500 orang.

Jam buka:
Senin-Jumat pukul 08.00-20.30 dan Sabtu-Minggu pukul 07.00-21.00.

Source https://travel.tempo.co
Comments
Loading...