Nikmatnya Bakso Kardi, Kuliner Bakso Enak di Situbondo Jawa Timur

Bakso Kardi, dari namanya Anda pasti sudah bisa nebak kalau bakso tersebut dijual oleh orang bernama Pak Kardi. Entah darimana asal usul orang ini, namun yang jelas di Situbondo bakso kardi telah memiliki lebih dari satu cabang. kali ini yang kita bahas bakso kardi yang berada di pertigaan lampu merah STM Daerah. Kalau brosis dari arah Surabaya, lampu merah terakhir yang ada di dalam kota. Selain di lampu merah, bakso kardi juga buka di Curah Jeru Timur dan di Bendung Curah Jeru Barat.

Bagaimana rasanya? Bakso kardi memiliki tekstur halus dan empuk. Jadi, walaupun ukurannya jumbo, segenggaman tangan, namun jika brosis potong dengan sendok akan sangat mudah. Uniknya, walaupun daat dipotong dengan sendok cukup mudah, pas dikunyah justru masih kenyal-krnyal. Entah resepnya apa nih… yang jelas, campuran daging sapi dan tepung  kanji serta rempah-rempahnya sangat pas. Tidak ada yang dominan.

Untuk harga cukup terjangkau saja, walaupun di beberapa tempat harga baksonya masih lebih murah. Bakso Kardi menyediakan varian biasa dan jumbo. Dengan harga 15.000 Rupiah semangkok. Sedangkan yang biasa 10.000 Rupiah. Kalau dengan kikil tambah 2000 Rupiah saja. Walaupun biasa, sebenarnya besarnya sudah lumayan lho, untuk ukuran perut cewek rasa-rasanya sudah bisa bikin kenyang tuh.

Namun, seperti halnya bakso-bakso di Situbondo ada satu kekurangan yang menurut lidah perlu diperbaiki. Yaitu soal kecap manis. Mayoritas bakso-bakso di Situbondo memilih menggunakan kecap manis produksi lokal yang rasanya justru tidak manis, cenderung asin. Jadi, saat dipadukan dengan saos (tidak recomended pakai saos yang disediakan penjual), rasa manis kecapnya malah aneh, merusak rasa bakso keseluruhan. Kecapnya selain manisnya tidak jantan, juga sangat encer. Andaikan kecap yang digunakan sekelas kecap Cap B*angau yang manis tulen dan lebih kental, bakso terasa akan lebih baik lagi.

Namun, walaupun kecapnya kurang yahud, tetap saja bakso adalah bakso, enaknya mengalahkan perhatianmu #eaaa. Buat makan siang enak nih, apalagi hujan-hujan seperti sekarang.

Source Pegimakan.id rideralam.com
Comments
Loading...