Nikmatnya Bubur Kanji Rumbi Khas Pidie

Nikmatnya Bubur Kanji Rumbi Khas Pidie

Kanji rumbi merupakan makanan jenis bubur yang biasanya menjadi santapan berbuka di bulan Ramadhan juga bisa dinikmati di hari-hari biasa seperti ini.Makanan khas Aceh ini terkenal kelezatan buburnya yang diolah dengan menggunakan beras dan racikan bumbu khas Aceh, hingga aromanya sudah tercium kemana-mana ketika disajikan. Di dalam bubur kanji terdapat campuran daging ayam dan udang yang dirajang halus sehingga menambah nikmat rasa kanji rumbi.

Bagi pencinta kuliner Aceh yang singgah di Pidie, jangan lupa meluangkan waktu untuk mencicipi kanji rumbi milik Rudi di jalan Banda Aceh-Medan. Letaknya sekitar 1,5 kilometer sebelum pasar Caleue, Sigli. Nama kedai tersebut: Kanji Caleue yang berada di Gampong Seupeng, Peukan Baro, Sigli, Pidie.

Pemilik warung Kanji Caleue, Rudi mengatakan kanji rumbi bukanlah sekadar hidangan biasa. Bubur istimewa itu konon mengandung banyak khasiat yang ampuh mengobati masuk angin dan magh. Permintaan kanji di kedai miliknya setiap hari selalu tinggi. Namun pihaknya membatasi memasak kanji pada ukuran lima bambu beras.

Selain kanji rumbi, di warung milik Rudi juga tersedia mie kocok yang tak kalah nikmatnya. Warung Kanji Caleue buka sejak pukul 08.30 WIB dan tutup hinga kanjinya laku terjual. Karena memiliki rasa khas, banyak pembeli yang datang mengantri di warung tersebut.

Kelezatan Kanji Caleue sudah dikenal warga Pidie. Bahkan warung miliknya kerap disinggahi pembeli dari luar daerah seperti Banda Aceh, Bireun, Aceh Utara juga Medan. Pejabat kabupaten bahkan Provinsi Aceh, kata dia, juga sering datang untuk mencicipi kanji yang dijualnya. Penasaran akan rasa lezatnya, coba saja sambangi kanji Caleue dengan harga Rp6 ribu per porsinya.

Source http://sumaterapost.com http://sumaterapost.com/berita1/Nikmatnya-kanji-Rumbi-Caleue-67472
Comments
Loading...