Nikmatnya Ketan Susu Kemayoran, Kuliner Ibu Kota Jakarta

Ketan Susu Kemayoran

Pernah dengar tentang Ketan Susu? Ya biasanya kita makan ketan yang cuma di campur dengan kelapa parut, tapi yang ini agak sedikit berbeda karena di campur dengan susu kental manis. Saya jamin teman kulting pasti langsung tergiur ketika mendengarnya.

Warung ketan susu ini berada di daerah kemayoran,yaitu di perempatan Jalan Angkasa dan Jalan Garuda. Letak warungnya di pinggir jalan dan suasananya sangat ramai. Banyak penduduk sekitar dan orang dari luar yang datang ke situ. Kita akan langsung disuguhkan pemandangan orang-orang yang sedang asyik menikmati ketan susu.

Bapak Sudarja adalah pemilik warung ketan susu ini, menurut beliau usaha ketan susu ini adalah warisan dari kakeknya yang bernama Haji Sukrad yang memulainya di tahun 1960 dan sampai saat ini tempatnya masih dipertahankan dan sangat terlihat sederhana.

Nah ceritanya, dulu pada jaman nya Haji Sukrada, ketan susu yang dijual hanya berupa ketan yang ditaburi dengan parutan kelapa, sekarang oleh Pak Sudarja di tambahi dengan siraman susu kental putih. Itulah sebabnya tempat makan ini sekarang terkenal dengan sebutan Tansu alias Ketan Susu.

Pada saat teman kulting memesan, biasanya penjualnya akan menanyakan apakah mau pakai susu atau tidak, karena sebagian dari pembeli biasanya tidak menggunakan susu. Tapi saya sarankan kepada teman kulting untuk memilih menggunakan susu biar bisa merasakan enaknya ketan susu. Satu porsi ketan susu dihargai sangat murah, yaitu hanya Rp. 3.500,- dan sudah termasuk satu buah gorengan tahu/tempe/pisang (bisa pilih). Kami pilih untuk pakai tempe goreng.

Kita cobain yuk… Ketannya memang enak apalagi disajikan hangat-hangat begini. Legitnya ketan terasa lebih enak karena ada manisnya susu kental manis dan juga ada rasa gurihnya karena parutan kelapa yang ditaburkan diatasnya. Gorengan tempenya juga enak lho, digoreng tipis-tipis, hingga kering dan terasa asin dan gurih. Cocok juga lho di makan dengan ketan hehe. Perpaduan yang enak banget menurut kami, pantas saja tempat makan ini setiap harinya sangat ramai, bahkan tempat ini buka 24 jam penuh.

Di ketan susu ini sebenarnya ada satu menu yang banyak pengemarnya, yaitu teh tubruk. Teh yang di sajikan dengan poci khas slawi/tegal, tapi saking ramainya kita sampai tidak kebagian tempat duduk, jadi lain kali kalau datang ke tansu ini, pasti pesan teh tubruknya juga. Selamat mencoba ketan susu-nya ya teman teman.

Lokasi:

Ketan Susu Kemayoran
Jalan Garuda Ujung (perempatan/ Pengkolan Jl. Angkasa – Garuda)
Kemayoran, Jakarta Pusat

Menu:

Ketan Susu + Gorengan Rp. 3.500,-
Gorengan (Tempe/Pisang/Tahu Goreng) Rp. 500,-
Teh Tubruk

Source Pegimakan.id Kulinerpinggiran
Comments
Loading...