Nikmatnya Kuliner Soto Banjar Amado Di Samarinda

Soto Banjar Amado

Satu yang menjadi ciri khas kota Samarinda adalah soto Banjar. Meski asalnya dari Banjarmasin, tapi banyak yang bilang soto banjar di Samarinda memiliki ciri khas tersendiri, dan Anda bisa menemukannya di warung ini dengan harga yang bersahabat.

Lewat namanya, sudah jelas kalau menu ini berasal dari Kalimantan Selatan (Kalsel). Namun kini telah dikenal pula sebagai salah satu kuliner khas Kota Samarinda. Bahkan bagi sebagian orang, racikan bumbu Soto Banjar kota ini tidak kalah sedap dibanding yang tersaji di daerah asalnya. Sama-sama nikmat dan berkarakter, namun tidak bisa saling menggantikan.

Urusan selera dan cita rasa, memang personal. Begitupun soal Soto Banjar di Samarinda. Banyak warung makan dan restoran yang menyajikan menu berkuah ini sebagai hidangan utama. Tidak sedikit di antaranya sudah berdiri lebih dari 20 tahun.

Soto Banjar Amado.

Dari deretan penyaji Soto Banjar tersebut, adalah Soto Banjar Amado, salah satu brand yang dinilai cukup ternama. Berlokasi di Jalan Pangeran Diponegoro, tak jauh dari Simpang Imam Bonjol.

Soal komposisi, bisa dibilang sama dan mendasar. Akan tetapi Soto Banjar Amado menyajikan kesan tambahan yang berbeda. Baik dari tampilan sajian (termasuk lapisan khusus yang muncul di permukaan kuah sebelum diudak), gurihnya irisan telur bebek, rasa khas dari beberapa bumbu khusus Soto Banjar, tekstur perkedel Banjar (tidak semata-mata berbahan dasar kentang), dan beberapa hal lain.

Tidak hanya populer di Samarinda, sajian restoran milik Haji Amat ini juga menjadi primadona di tengah-tengah perjalanan Samarinda-Balikpapan.

Soto Banjar Amado dengan tambahan emping melinjo.

Begitupun soal metode menyantapnya. Secara default, semua Soto Banjar disajikan dengan ketupat atau lontong. Lengkap pula beserta condiments berupa sambal, kecap asin dan manis, serta jeruk. Saran kami, jika ingin merasakan cita rasa asli dari semangkuk Soto Banjar, coba cicipi dalam kondisi apa adanya terlebih dahulu. Jangan buru-buru ditambahi sambal, kecap, apalagi perasan jeruk nipis. Pun emping melinjo asin. Lalu, bisa juga mengganti ketupat atau lontong dengan nasi putih. Demi kenikmatan bersantap Soto Banjar yang berbeda.

Source pegimakan Soto Banjar Amado
Comments
Loading...