Nikmatnya Martabak HAR Penuh Dengan Sejarah

Martabak HAR Sejak 1947

Mengapa dinamakan Martabak HAR?

Kata “HAR” merupakan singkatan inisial dari nama si pemilik usaha bernama lengkap Haji Abdul Rozak (Seorang pedagang keturunan India yang kemudian menikah dengan perempuan asli Palembang)adalah pendiri warung makan Martabak HAR.

Resep martabak HAR sendiri pertama kali diciptakan dan diracik oleh saudara Haji Abdul Rozak yaitu Haji Abdul Rahman.Haji Abdul Rozak sendiri wafat tahun 2001 silam, namun anda masih dapat mengunjungi warung makan yang pertama kali didirikan Haji Abdul Rozak yang berada di Jalan Jendral Sudirman Palembang. Letaknya berada di dekat bundaran air mancur Palembang di depan masjid Agung Palembang.

Belum ada penjelasan yang pasti mengenai asal usul martabak HAR,banyak orang yang mengira martabak ini khas dari India karena sama-sama disajikan dengan kuah kari dan Haji Abdul Rozak sendiri merupakan keturunan India namun martabak HAR berbeda dengan martabak India yang juga khas di Medan apalagi dengan martabak telur Jakarta, sangat berbeda sekali.

Haji Abdul Rahman mungkin saat menciptakan resep martabak ini terinspirasi dari martabak khas India namun beliau melakukan beberapa inovasi dan eksperimen sehingga jadilah martabak HAR yang legendaris. Menurut beberapa sumber, martabak India memiliki isian daging yang lebih banyak dengan kuah kari lebih kental dan aroma yang lebih kuat.

Sedangkan martabak HAR menggunakan isian yang lebih sederhana yaitu dua butir telur ayam atau telur bebek yang menjadi ciri khas. Kuah kari martabak HAR juga tidak terlalu kental dengan aroma yang tidak terlalu menyengat sehingga martabak HAR dapat beradaptasi dengan lidah orang Indonesia. Dalam kuah kari martabak HAR juga terdapat irisan kentang dan daging kambing yang kemudian diberi cuka untuk menambah rasa asam dan irisan kecil cabai rawit.

Rumah makan martabak HAR ini pertama berdiri sejak 7 Juli 1947 di Jalan Jl. Jend. Sudirman No.537, 18 Ilir, Ilir Tim. I, Kota Palembang. saat ini martabak HAR tidak hanya ada di Palembang saja. Di Jakarta, tepatnya di berada di Jalan Hayam Wuruk No 19 Jakarta Pusat, sebelah timur halte bus Trans Jakarta di Harmoni ada Restoran yang menyediakan menu martabak HAR ini.

Rumah makan martabak HAR ini Buka dari jam 10.00 sampai 21.00. untuk satu porsi martabak HAR dengan telur bebek dihargai Rp 20.000, sementara satu porsi martabak dengan telur ayam harganya Rp 18.000.

 

pegimakan.id

Comments
Loading...