Nikmatnya Menyantap Laksan Kaito Khas Palembang

Laksan

Selain pempek yang terkenal dipalembang, Palembang juga punya makanan unik yaitu Laksan.

Lasan Kaito

Apa itu Laksan,Laksan merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari bahan baku sagu dan ikan. Laksan dibuat dalam bentuk oval dengan rasa yang sama dengan pempek, tetapi disajikan dengan menggunakan kuah santan.

Namun yang membedakan Laksan dengan Pempek ialah dari kuah, jika pempek disajikan dengan kuah asam cuka dan gula merah berwarna coklat tetapi Laksan disajikan dengan kuah bersantan yang hampir serupa dengan kuah lontong sayur dan dijamin tak kalah lezat dengan pempek.

Menu ini jika dilihat sekilas mirip dengan gulai karena penggunaan santan yang cukup banyak,bahan utama dari menu laksan ini adalah pempek lenjer. Bahan baku yang digunakan untuk membuat masakan laksan diantaranya ikan gabus, santan, kaldu, bumbu dan rempah.

Dari bahan dan rempah sudah mempunyai nilai gizi yang sangat menyehatkan,contohnya saja pada ikan gabus,ikan gabus memiliki kandungan gizi antara lain energi, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor dan zat besi. dengan racikan bumbu dan rempah akan menjadikan menu laksan semakin spesial dan sangat nikmat disantap.

Kebanyakan masyarakat Kota Palembang menyajikan Laksan sebagai bagian dari menu sarapan pagi,biasanya disetiap pasar bedug menjual laksan dijual per potong yaitu berkisar antara Rp. 2000,- sampai Rp.5000,- perpotong atau juga dengan harga Rp. 10.000,- sampai Rp. 20.000,- per porsi.

Laksan juga merupakan makanan yang sudah sangat melekat di hati masyarakat sebagai salah satu kuliner khas Palembang yang banyak diburu oleh masyarakat yang datang berkunjung ke Palembang, Sumatra Selatan.

Hidangan Laksan ini amat sangat ditunggu-tunggu sebagai menu sarapan pagi dirumah,namun apabila anda ingin mencoba untuk membuat sajian menu sarapan ini, berikut kedai laksan kaito buka dari jam 08.00 sampai 18.00 yang berada di jln.Demang Lebar Daun, Ilir Bar. I, Kota Palembang,Sumatera Selatan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.