Nikmatnya Mih Kocok SKM Bandung

Mih Kocok SKM

Mie kocok adalah salah satu kuliner asli Sunda yang sangat direkomendasikan untuk dicoba ketika mengunjungi kota Bandung. Sajian mie kuah tersebut sudah sejak lama berkembang di ibu kota Priangan. SKM adalah satu dari beberapa perintis yang mempopulerkan mie kocok di Bandung.

Banyak mie kocok terkenal di Bandung, tapi bila menambahkan fitur enak, murah, dan legendaris, Mih Kocok SKM patut berada dalam daftar teratas. Bukan sembarang merk dagang, SKM merupakan singkatan nama sang pendiri yakni Sukirman. Pak Sukirman merintis usahanya di era 1970, ketika mie kocok masih menjadi makanan langka di Bandung. Saat itu harga satu porsi nya hanyalah Rp. 25. Racikannya berhasil merebut hati para konsumen, sehingga semakin lama usahanya itu makin maju. Dari gerobak dorong, ia membeli sebuah rumah sebagai tempat usaha sekaligus tempat tinggal. Nama Mih Kocok SKM semakin mengudara keluar wilayah Bandung. Bahkan dalam sebuah acara, Wakil Presiden Indonesia kelima, Sudharmono, memesan kuliner Pak Sukirman tersebut sebagai sajian makan siangnya. Belum lagi artis-artis ibu kota lain sangat menggemarinya juga. Kini usaha Pak Sukirman dilanjutkan oleh anaknya dan masih mempertahankan resep asli yang dibuat sang Ayah.

Secara kasat mata tak ada yang berbeda dari tampilan Mih Kocok SKM dengan mie kocok lainnya. Isiannya sama, berupa mie gepeng kuning, tauge, kuah kental, dan taburan bawang goreng. Namun keunggulan mie kocok Sukirman ini terletak pada kuahnya. Ya, jika diperhatikan dan dibandingkan kuahnya terlihat lebih ringan. Dalam artian bening, tak kelebihan lemak seperti panganan serupa lainnya. Aroma dan rasanya lebih gurih dan kaya rempah.

Hasil gambar untuk Mie Kocok SKM Bandung

Usut punya usut, kuah tersebut memang merupakan air kaldu hasil rebusan tulang kaki sapi yang dicampur beragam rempah, seperti ketumbar. Kikilnya pun kenyal, empuk, dan tidak berbau karena merupakan kikil kaki sapi asli. Bukan kulit dari bagian tubuh sapi lain yang cenderung berlendir. Tersedia dua varian, yaitu mie kocok biasa dan mie kocok spesial yang ditambahkan dengan telapak kaki sapi. Semangkuk Mih Kocok SKM semakin sedap dengan tambahan sambel dan kucuran jeruk nipis.

Satu porsi mie kocok Bandung yang legendaris ini harganya kurang dari Rp. 30.000. Konsumen dapat menikmatinya setiap hari mulai pukul 10.00 – 22.00 di Jalan Sunda 38. Lokasinya mudah dijangkau dengan angkot Kalapa – Dago (warna hijau, oranye) atau Kalapa Ledeng (hijau, biru muda) yang bergerak dari arah Kebon Kalapa. Dari arah Stasiun Bandung bisa menggunakan angkot jurusan Gede Bage (hijau muda, strip hijau) dan turun di pertigaan Jl. Veteran dan Jl. Sunda.

Source http://kuliner.panduanwisata.id http://kuliner.panduanwisata.id/indonesia/nikmatnya-mih-kocok-skm-pioneernya-mie-kocok-bandung/
Comments
Loading...