Nikmatnya Sajian Seafood Di De Sampan Seafood,Batam

De Sampan Seafood

Bicara tentang Batam tentunya tak lepas dari seafood, karena daerah Batam merupakan daerah kepulauan dan dikelilingi lautan. Oleh karena itu, hasil lautnya pun melimpah. Banyak sekali restoran di Batam yang menyajikan masakan laut sebagai menu utama, baik itu kelong ataupun restoran besar.

Berlokasi di tempat yang sangat strategis di Batam Center, tepatnya di ruko Golden Land, tempat ini nyaris tak pernah sepi tiap malam, karena memang mudah ditemukan.

Setiap restoran memiliki cara penyajian dan resep yang berbeda. Kali ini, kami mencoba menu seafood di De Sampan. Sesuai namanya, tempat makan ini menyajikan menu laut sebagai sajian utamanya. Berbagai ikan segar dan lainnya ditawarkan di sini.

Dan asyiknya, pengunjung bisa memilih sebelum disajikan.Bagi yang tahu ikan, mungkin akan mudah memilih jenis ikan yang sesuai selera. Namun, bagi yang awam pun tidak masalah karena ada waiter yang akan melayani dan memberikan saran. Seafood dan barbeque memang selalu nikmat apalagi saat makan malam. Grilled ikan Samba dan udang goreng mentega adalah salah satunya.

Bukan hanya karena saus bbq ala de Sampan dan masakannya yang nikmat, tapi juga karena tempatnya yang nyaman dan dengan design yang unik.

Restoran Sampan ternyata tidak hanya menyajikan hidangan seafood yang lezat namun juga pengalaman untuk menikmati sajian tersebut di area terbuka berupa pelataran didepan Restorannya. Meja dan kursi terlihat tertata rapi dengan sejumlah pengunjung menyantap makanan bersama pemandangan malam di Batam. Kami lalu diminta pak Sulis untuk memilih ikan atau kepiting segar yang akan dibakar.Pilih-pilih ikan segar yang akan dibakar.Sejumlah ikan seperti ikan bawal, ikan saba, ikan kakap dan sejumlah hidangan laut lainnya seperti Kepiting dan Gong Gong (sejenis kerang) siap dipilih. Akhirnya kami memilih ikan bawal dan ikan Saba untuk dibakar. Sementara itu kita juga memilih kepiting untuk dimasak menjadi kepiting saos padang. “Kebetulan tadi malam saya juga baru dari sini dan makan kepiting saos padang,” kata bu Hotma( memberikan rekomendasi).

Saat ikan dan kepiting pilihan kami dimasak, kami bercakap-cakap . Tak lama kemudian datanglah masakan “Gong Gong” yang sudah matang. Gong-gong atau sejenis kerang putih atau siput laut) yang merupakan makanan khas Batam. Gong-Gong ini dimasak dengan cara dikukus dan cara memakannya pun cukup unik. Kita mesti menggunakan tusuk gigi kemudian memasukkannya kedalam cangkang Gong-gong. Lubangnya kecil sehingga butuh perhatian khusus untuk ‘memibidik’ bagian dalamnya yang tajam serupa tanduk lalu dtarik keluar secara perlahan-lahan. Akhirnya keluarlah daging Gong Gong yang berukuran bagaikan jempol berbentuk kenyal. Buang dulu tanduknya, kemudian celupkan dagingnya ke sambal dan kunyah bulat-bulat.

Ikan dan Kepiting yang sudah masak akhirnya datang. Kepiting Saos Padang sungguh lezat dengan lumuran sambal menyelimuti cangkangnya. Saya memadukan makanan saya dengan cah kangkung serta ikan bawal bakar yang sungguh menggoyang lidah. Daging Ikan Bawal Bakar segar yang dibakar yang dicocolkan ke sambal lalu dimakan dengan nasi benar-benar membawa sensasi tersendiri.

Cobain deh ikan saba nya. Dari bentuk dan aromanya cukup menggoda .Setelah dicoba ternyata sangat lezat.Kami semua benar-benar sungguh menikmati pengalaman makan hidangan laut yang nikmat bersama semilir angin malam yang bertiup sepoi-sepoi. Sungguh mengesankan!.

Source pegimakan.id www.enjoybatam.com
Comments
Loading...