Nikmatnya Singkong Keju, Kuliner Tradisional Pacitan Jawa Timur

Pernah dengar lagu yang salah satu liriknya ada kata “anak keju dan anak singkong”…? Nah dikatakan disitu bahwa singkong itu menggambarkan anak miskin dan keju menggambarkan anak orang kaya. Tak beda jauh dengan makanan itu sendiri bahwa singkong sering dianggap sebagai makanan kelas bawah sedangkan keju kelas menengah atas. Padahal kalau dirasakan benar-benar singkong pun tidak kalah enaknya dengan keju.

Singkong atau ubi kayu tak selamanya menjadi makanan kelas bawah, buktinya sekarang telah dipatahkan anggapan-anggapan seperti diatas. Kreativitas pecinta kuliner di negeri ini berhasil menggabungkan dua jenis makanan tersebut menjadi kudapan yang sempat menjadi bahan pembicaraan dan banyak diburu orang beberapa waktu lalu. Dan akhirnya nimatnya singkong keju telah mengangkat nilai ekonomis dan nilai rasa itu sendiri.

Nikmatnya singkong keju banyak dicari masyarakat, baik dari masyarakat menengah maupun masyarakat kelas atas. Rasanya yang unik dan bervariasi membuat menu makanan ini disukai anak- anak, remaja sampai orang tua baik pria maupun wanita. Harganya yang murah namun menampilkan menu singkong yang lebih ekslusif, mampu menarik nimat penggemar kuliner.

Salah satu makanan hasil bumi warga Pacitan yang cukup dikenal adalah Singkong. Biasanya, warga setempat mengolah singkong menjadi makanan pengganti beras, yakni thiwul, atau berbagai jajanan lainnya, seperti utri dan gatot. Namun demikian, seiring perkembangan zaman, modifikasi olahan singkong tersebut terus dilakukan masyarakat Pacitan, salah satunya menghasilkan Singke (Singkong Keju) Gula Pacitan.

Rasa singkong modifikasi yang dibuat berbeda dari singkong keju kebanyakan. Rasa singkong Pacitan yang enak, dipadukan dengan keju dan gula semut khas Pacitan, menghasilkan singke yang rasanya krenyes dan lezat ini. Selain berbahan baku singkong, Singke Gula Pacitan ini juga diberi taburan keju dan gula semut. Sehingga bisa dipastikan rasa lezat dan lembut singkong Pacitan, ditambah dengan keju dan gula semut yang manis, menghasilkan rasa yang aduhai.

Makanan ini mudah kamu temukan di warung-warung sepanjang jalan menuju Pantai Teleng Ria.

Source Pegimakan.id https://bisnisukm.com/singkong-keju.html
Comments
Loading...