Omah Kayoman – Spesialis Mangut Beong

 Omah Kayoman – Spesialis Mangut Beong

Nama warung ini adalah Omah Kayoman. Warung makan ini terletak di Dusun Paren, Progowati Mungkid, Magelang. Di hari Minggu, kebanyakan pengunjung adalah mereka yang pulang dari beribadah di gereja ataupun orang-orang yang akan mengunjungi Candi Borobudur. Warung makan ini lebih mirip warteg dengan masakan-masakan yang didisplay di ruang makannya. Masakan yang disediakan juga tidak jauh berbeda dengan warung makan biasanya yang berisika sayur-sayuran kampung, lauk pauk sederhana seperti tahu tempe, tapi yang istimewa adalah Mangut Ikan Beongnya!

Untuk yang belum tahu apa itu Ikan Beong, sebenarnya kalau dilihat sekilas bentuknya tidak jauh dari ikan lele. Ikan beong banyak ditemukan di area Sungai Progo, tapi populasinya sekarang semakin berkurang. Ikan beong punya tiga patil, dagingnya lebih tebal dan gurih jika dibandingkan ikan lele. Di Omah Kayoman, selain ikan beong juga ada ikan gurame yang sama-sama dimasak mangut. Ikan beong di warung ini ukurannya cenderung lebih besar alias jumbo. Ikan beongnya sendiri dikirim dari Wonogiri, jadi tidak diambil dari Sungai Progo. Sensasi pedas, gurih dan nikmat bercampur jadi satu ketika menyeruput kuah mangut ini.  

Di Omah Kayoman ini daging ikan beongnya sendiri juga lembut dan bumbunya meresap sampai ke bagian dalamnya. Untuk satu porsi kepala ikan beong ini harganya sekitar IDR 30.000, kalau bagian badan atau ekor, kisaran IDR 15.000 – IDR 20.000 tapi kamu tidak akan menyesal pernah makan mangut ini.

Source http://jdfoodiary.blogspot.co.id/ http://jdfoodiary.blogspot.co.id/2017/06/culinary-omah-kayoman-spesialis-mangut.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.