Perkedel Bondon Kuliner Malam Legendaris Bandung

Perkedel Bondon Kuliner Malam Legendaris Bandung

Jalan-jalan mencari kuliner malam di kota kembang, perkedel Bondon adalah tempat yang wajib disambangi. Panganan terbuat dari kentang tersebut sudah menjadi kuliner malam legendaris khas Bandung. Meski terdengar sederhana, bagi yang belum mencoba harus berhati-hati karena rasa gurihnya dapat memicu rasa kangen untuk kembali mencicipinya setiap kali melancong ke Bandung.

Dua dekade sudah perkedel Bondon melayani pelanggannya. Warga Bandung tentu sudah tak asing dengan kuliner yang berlokasi di sebuah warung kecil di belakang Stasiun Hall atau Stasiun Bandung tersebut. Tanpa plang nama, kuliner legendaris itu hanya dapat dikenali dari berjubelnya orang yang mengantre. Nama perkedel Bondon diberikan oleh pengunjung terdahulu. Terdapat dua versi yang menjelaskan asal usul nama berkonotasi negatif itu. Warung perkedel yang baru buka pada pukul 23.00 – 03.00, bertepatan dengan jam kerja para bondon atau yang kita kenal sebagai pekerja seks komersial. Dulu mereka banyak berkeliaran di sekitar Stasiun Bandung. Ada pula yang mengatakan bahwa nama bondon diberikan karena pada awalnya perkedel lezat tersebut banyak dibeli oleh para “kupu-kupu malam”. Hingga kini, perkedel Bondon tak pernah surut pembeli dan semakin terkenal sebagai kuliner malam wajib di Bandung.

Pukul 10 malam warung kecil berwarna biru tersebut sudah mulai ramai dikunjungi calon pembeli. Pedahal di dapur adonan masih diaduk dan kompor arang baru dipanaskan. Perkedel Bondon ini memang lezat dengan bagian kulitnya yang garing, tetapi dalamnya lembut dan gurih. Hangatnya merica cukup mendominasi olahan kentang itu. Begitu datang ke warung Perkedel Bondon ini, pengunjung harus mengambil nomor antre terlebih dahulu. Setelah dipanggil, barulah memesan. Biasanya konsumen membeli dalam jumlah banyak, satu porsinya berisi 20 perkedel. Kita dapat menyantap perkedel legendaris itu langsung di tempat dan ditemani nasi putih hangat seharga Rp. 3.000 serta tak lupa dicocol dalam sambel terasi yang mantap. Jika dibungkus, Perkedel Bondon memiliki panas yang cukup awet.

Satu perkedel Bondon dibanderol Rp. 1.300, namun seporsi (20 buah) harganya Rp. 20.000. Lokasinya berada di Stasiun Selatan No. 22-23 dan dapat dicapai angkot jurusan Dago – St. Hall (hijau, strip oranye). Tetapi karena waktu operasinya malam, maka ada baiknya memilih transportasi taksi karena angkot cenderung kosong sehingga kerap menurunkan penumpang di tengah perjalanan dan berbalik arah.

Source http://kuliner.panduanwisata.id http://kuliner.panduanwisata.id/indonesia/perkedel-bondon-kuliner-malam-legendaris-bandung/
Comments
Loading...