Pindang khas Palembang Makanan Sederhana Penuh Sejarah

Kota Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Kota Palembang memiliki luas wilayah 358,55 km²[4] yang dihuni 1,8 juta orang dengan kepadatan penduduk 4.800 per km².

Palembang juga terkenal dengan kuliner turun temurun, Berikut adalah kuliner khas palembang yang wajib dicicipi.

Pindang

Pindang merupakan masakan yang sangat familiar bagi masyarakat Palembang, masakan tua yang penuh dengan sejarah panjang.

Ada beberapa jenis Pindang khas Palembang ini seperti Pindang pegagan,pindang meranjat,Pindang Musi rawas dan sekayu

1.Pindang Pegagan

Pindang Pegagan adalah Pindang yang berasal dari suku Ogan atau secara administratif masuk dalam Kabupaten Ogan Ilir dan Kabupaten Ogan komering Ilir Sumatera selatan.

Untuk bahan pindang pegagan ini yaitu Ikan patin, Cabai rawit,Cabai merah,bawang merah,asam jawa,terasi udang,daun salam,serai,gula merah dan garam yang sudah dihaluskan,kuahnya yang pedas sedikit asam dengan warna kemerah-merahan yang menantang disajikan dengan ikan yang empuk serta aroma kalaborasi terasi dan asam jawa yang khas membuat selera makan bertambah.

Rekomendasi Rumah makan pindang pegagan yang sangat lezat yaitu di Jl. Akses Bandara Sultan Mahmud Badarudin 2, Palembang.

Buka dari jam 06.00 – 21.00

2.Pindang Meranjat

Pindang Meranjat memiliki aroma dan rasanya yang kuat yang diperoleh dari campuran terasi, campuran rempah rempah, garam dan irisan nanas memberikan kesan manis, asam, dan asin yang segar di lidah, Aroma khas dari racikan daun serai, kemangi, daun salam, lengkuas, irisan jahe, nanas dan kunyit begitu meresap di daging Ikan Patin,pindang meranjat biasanya disajikan bersama nasi, lalapan, ikan goreng kecil dan tambahan sambal sesuai selera.

Buka dari jam 09.30 – 16.30 Rumah makan Pindang Meranjat Ibu Ucha ini terletak di Jl. Demang Lebar Daun No.14, Lorok Pakjo, Ilir Bar. I, Kota Palembang .

Menyediakan beberapa makanan terutama Pindang meranjatnya dan Harganya pun bervariasi mulai dari Rp. 15.000 untuk satu porsi Pindang Meranjat dan nasi

3.Pindang Musi Rawas

Pindang Musi Rawas merupakan pindang yang memiliki kuah asam yang menyegarkan karena menggunakan asam dari tomat ceri (cung kediro) berbeda dengan pindang daerah lain yang menggunakan asam jawa atau nanas, Kuah Pindang Musi Rawas ini jernih dengan irisan rempah sereh, lengkuas dan jahe.

Rumah makan Musi Rawas diambil dari nama kabupaten Musi Rawas yang menyajikan menu Pindang musi rawas yang terletak di Jl. Angkatan 45 No.18, 12, Lorok Pakjo, Ilir Bar. I, Kota Palembang.

Rumah makan Musi rawas ini buka dari jam 09.00 – 21.00

4.Pindang Sekayu

Sekayu adalah ibukota Kabupaten Musi Banyuasin, yang memiliki pindang karakteristik bumbu tidak terlalu kencang, berwarna sedikit gelap dan terasa sedikit manis karena didalamnya ditambahkan juga kecap manis. Kuah Pindang Sekayu ini memiliki kuah yang encer dan sedikit berminyak karena bumbu ditumis terlebih dahulu.

Pindang Sekayu berbahan dasar ikan sungai musiman, pindang Sekayu cenderung lebih ramah di lidah karena tingkat keasamannya masih masuk taraf rata-rata, yaitu menggunakan irisan nanas dan asam jawa,nanas di sini berfungsi ganda, selain sebagai “penyegar” rasa, rasa asam nanas diyakini bisa mengurangi aroma amis ikan.

Rasa pedas kuah pindang berasal dari lada dan rasa gurihnya berasal dari terasi dan dari rasa alami daging ikan tersebut. Menariknya, pindang ikan ini kerap disajikan dengan pelengkap lain, seperti ikan seluang goreng (sejenis ikan kecil air tawar yang populer di Sumatera Selatan), sambal, dan lalapan. Sambal yang ditawarkan pun beraneka ragam, ada sambal buah yang terbuat dari mangga kueni rasanya pedas menyegarkan, ada juga sambal tomat dan sambal rusip.

Untuk bisa menikmati pindang sekayu bisa datang langsung ke Restauran pindang puyung buka dari jam 10.00 – 18.00 yang terletak di Jl. Kapt A.Rivai, Palembang.

Naah tunggu apa lagi jika sedang liburan di kota penuh sejarah ini belum lengkap jika belum mencicipi masakan khas palembang.

 

#pegimakan.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.