Pusat Oleh Oleh di Singkawang Kalimantan Barat

Siapa yang tak tau Singkawang, kota yang terletak sekitar 145 km dari Pontianak Ibu Kota Kalimantan Barat. Singkawang dikelilingi oleh pegunungan Pasi, Poteng, dan Sakok.

Nama Singkawang berasal dari bahasa Hakka, San khew jong yang mengacu pada sebuah kota di bukit dekat laut dan estuari. Awalnya Singkawang merupakan sebuah desa bagian dari wilayah kesultanan Sambas, Desa Singkawang sebagai tempat singgah para pedagang dan penambang emas dari Monterado dimasa lalu.

Jika anda berjalan-jalan ke Singkawang tentu akan mencari oleh-oleh sebagai buah tangan untuk keluarga dan sahabat. Di Kota Singkawang sendiri banyak pusat oleh-oleh yang menjual aneka ragam produk khas Singkawang.

Untuk anda yang senang akan oleh-oleh khas hasil laut tidak salah jika anda mampir pada saat pulang dari singkawang di tempat yang menjual oleh-oleh yang terletak sekitaran Kecamatan Sungai Raya tepatnya dipinggir jalan sekitaran Batu Payung atau Tempat wisata Mimiland sampai dengan Teluk Suak.

Banyak sekali dipinggir jalan-jalan tersebut kios-kios yang menjual oleh-oleh berupa udang ebi, udang sesar, ikan asin talang, ikan asin tipis, cencalok, cumi asin, dan aneka hasil laut lainnya.

Ikan talang asin

Ikan Asin Bulu ayam

Uniknya usaha ini dikelola oleh masyarakat setempat dengan kios yang sederhana dan menjual hasil laut dalam bentuk kering (asin), dan jualan mereka adalah hasil tangkapan nelayan sekitar seperti ikan, cumi, udang yang digaram dan dijemur kemudian dijual.

Pusat oleh oleh di singkawang

Para pedagang ini membuka kios-kios mereka mulai dari jam 9.00 pagi sampai dengan jam 21.00 wib sedangkan untuk weekend mereka tutup lebih malam lagi. Untuk harga bervariatif sebagai contoh untuk udang ebi mereka menjual 18 rb per ons dan untuk barang-barang tertentu bisa dinegosiasi.

Kios oleh oleh di Singkawang

Salah satu yang membuat menarik kios-kios ini adalah kemauan mereka untuk berwira usaha hal ini tentu akan menggerakkan roda perekonomian masyarakat pesisir pantai. Jika pihak pemerintah Kabupaten jeli dan mendukung para pedagang ini untuk di buatkan area kios yang menarik dan lahan parkir yang memadai tentu akan membuat konsumen lebih banyak untuk singgah dan berbelanja.

Sumber info www.tribunnews.com

Source Pegimakan.id Trimbunnews

Leave A Reply

Your email address will not be published.