Putri Noong Kue Tradisional Bandung yang Digemari

Putri Noong Kue Tradisional Bandung yang Digemari

Kue Putri Noong merupakan sebuah sajian tradisional khas kota Bandung. Kue ini telah lama tercipta di kota Bandung dan masih tetap eksis hingga kini. Putri Noong bukan hanya warna dan penamaannya yang menarik, tetapi rasa kue yang terbuat dari singkong ini juga tergolong unik.

Kue Putri Noong jadi salah satu kue jajanan pasar tertua di kota Bandung yang telah menjadi saksi sejarah berkembangnya dunia kuliner di kota Bandung. Kue Putri Noong dibuat dari bahan baku berupa singkong parut, pisang, parutan kelapa, daun pandan, gula, garam, pewarna makanan. Proses memasaknya adalah dengan cara mencampurkan singkong parut dengan gula, garam dan pewarna. Biasanya dibuat 2 warna diantaranya merah terang dan hijau dan setiap warna dipisahkan adonannya.

Setelah itu ambil satu warna adonan dan diletakkan di atas daun pisang, kemudian simpan pisang di atasnya lalu tutup dengan adonan lain dengan warna yang berbeda. Setelah itu dikukus hingga matang. Untuk taburannya, kelapa parut dikukus setelah sebelumnya diaduk dengan daun pandan. Penyajian Kue Putri Noong adalah dengan memotong Kue Putri Noong yang telah matang dan kemudian diberi taburan kelapa parut.

Nama Putri Noong sendiri memiliki arti putri yang mengintip. Maksudnya adalah ada bagian dalam dari Kue Putri Noong yang mengintip ke bagian luar. Dan itu adalah pisang yang terdapat di dalam adonan Kue Putri Noong. Saat digigit kue ini terasa legit dan manis, serta tambahan rasa gurih dan wangi daun pandan. Sensasi rasa tradisional yang begitu kental mampu melambungkan kenangan ke masa lampau. Dalam pembuatan kue ini, kita bisa memilih pisang apa saja yang akan digunakan sesuai dengan selera.

Tekstur dari Kue Putri Noong yang agak kenyal dan lembut serta buah pisang yang empuk tentu membuatnya menjadi mudah untuk dikonsumsi. Hal ini juga yang menjadikannya memiliki banyak penggemar. Kue Putri Noong cukup mudah ditemukan di kota Bandung. Deretan penjaja jajanan pasar di setiap pasar tradisional di kota Bandung masih setia menjualnya. Harga untuk satu buah Kue Putri Noong berkisar antara 1 hingga 2 ribu rupiah saja.

Source https://ksmtour.com/ https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-bandung/putri-noong-kue-tradisional-bandung-yang-digemari.html
Comments
Loading...