Rasakan Sensasi Nikmatnya Di Kedai Soto Mbak Djam Gunungkidul

Rasakan Sensasi Nikmatnya Di Kedai Soto Mbak Djam Gunungkidul

Objek wisata andalan di Kabupaten Gunungkidul saat ini adalah Gunung Api Purba yang terletak di sana. Kompleks perbukitan yang tersusun dari jajaran batuan vulkanik purba tidak sepi oleh pengunjung setiap harinya. Jika sewaktu berlibur ke Jogja dan anda mengunjungi kawasan Gunungkidul, sebaiknya jangan lupa untuk singgah di salah satu warung makan. Warung Soto Mbak Djam bisa menjadi pilihan tujuan wisata kuliner anda di sana. Karena namanya sudah menyebutkan “Warung Soto” tentunya warung ini menyajikan menu soto sebagai menu yang jadi andalannya. Kalau anda berangkat dari arah Jogja, Warung soto ini terletak di sekitar 150 meter sebelum pendopo dan pintu masuk objek wisata Gunung Nglanggaran.

Lokasi tepat warung soto ini ada di Dusun Nglanggran Kulon, Desa Nglanggran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi warungnya sendiri agak terpencil jika anda datang dari jalur utama Yogya-Nglanggran. Lokasi yang terpencil tidak serta merta memberikan nilai minus bagi warung soto ini. Pengunjung akan dimanjakan oleh suasana pedesaan yang benar-benar kental seketika anda sampai di warung soto Mbak Djam ini. Secara khusus, konstruksi bangunan warung tersebut sebagian besar berasal dari bambu, di samping warung terhampar padang hijau persawahan dan perbukitan yang menambah jelas nuansa pedesaan yang akan membuat anda nyaman dan damai. Hembusan angin dan udara pedesaan yang minim polusi akan memanjakan pengunjung warung, sehingga siapa saja yang berkunjung akan merasa betah dan ingin berlama-lama beristirahat di sini.

Karena ini warung makan, tentu saja yang nilai utamanya bukan hanya suasana yang disajikan. Disamping itu, citarasa sotonya yang menjadi ciri utama memang mampu menarik pelanggan untuk selalu datang dan merasa kangen untuk makan di warung soto Mbak Djam. Mbak Djam yang memiliki nama panjang Djamirah selaku pemilik warung menyediakan dua jenis menu soto dengan dua topping yang berbeda, yaitu soto daging sapi dan soto daging ayam. “Untuk soto ayamnya pun ada dua pilihan, yakni ayam kampung atau ayam daging (ayam negeri),” ujar Djamirah, sang pemilik warung saat ditemui oleh reporter di warungnya.

Soto racikan mbak Djamirah ini memang soto khas Yogyakarta yang mana kuah sotonya itu bening. Seperti kebanyakan soto yang ditemukan di Yogyakarta, satu porsi soto berisi kubis, kecambah atau toge, irisan tomat segar, bihun, dan tentunya potongan daging sapi ataupun taburan daging ayam. Semua isian ini disiram oleh kuah bening yang gurih, nikmat, dan hangat. Setelah diberi kuah, kemudian di atasnya ditaburi bawang goreng, irisan daun seledri, serta loncang yang makin membuat sedap aroma. Rasa kuah soto mbak Djam sendiri begitu segar dengan citarasa rempah-rempah yang ringan, berpadu dengan rasa gurih kaldu sapi. Menyantap soto mbak Djam ini akan bertambah kenikmatannya dengan ditemani beragam jenis gorengan yang juga tersaji di sana.

Rasa soto racikan mbak Djam yang memang mantap juga dipadukan dengan suasana warung dan keadaan sekitarnya yang nyaman menjadikan warung soto ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang memang sedang berkunjung ke kawasan Gunungkidul, tepatnya Gunung Purba Ngalanggaran. Pengunjung warung mbak Djam tidak hanya masyarakat umum, beberapa pengunjung yang memang orang terkenal seperti artis pun mengunjungi warung soto mbak Djam. Hal ini menjadi bukti bahwa warung mbak Djam memang layak diperhitungkan. Di warung mbak Djam juga ada sejumlah foto-foto artis yang mengunjungi terpampang di tembok warung soto tersebut. Misalnya saja seperti  Farah Quinn, Fathir Muchtar, Vicky Nitinegoro, Didi Kempot, Kadek Devi, hingga sutradara Hanung Bramantyo adalah sebagian artis yang pernah makan di sini.

Mbak djam melanjutkan ceritanya bahwa ia mulai membuka warung makan sotonya sejak tahun 2008 silam. “Saya dari dulu memang senang jualan makanan. Dulu saat tinggal di Bandung saya juga jualan nasi kuning, dan bubur ayam. Saat pulang ke sini akhirnya saya coba berjualan soto,” tambahnya. Warung makan mbak Djam buka setiap harinya mulai dari jam tujuh pagi hingga jam Sembilan malam. Harga yang dipatok di warung mbak Djam juga terhitung cukup terjangkau. Untuk satu porsi soto dengan minuman dapat anda nikmati mulai dari 10 ribu sampai 15 ribu rupiah.

Source https://limakaki.com https://limakaki.com/rasakan-sensasi-lezat-dan-nikmatnya-di-kedai-soto-mbak-djam-gunungkidul.html
Comments
Loading...