Rengginang Teri, Oleh-oleh Khas Rembang yang Ngehits

Selain terkenal dengan destinasi wisata dan kuliner khas, yang membuat para wisatawan betah berlama-lama di Kabupaten Rembang, daerah yang berbatasan dengan Jawa Timur ini juga menawarkan berbagai oleh-oleh khas, yang membuat kunjungan anda tidak akan terlupakan.Salah satu oleh-oleh yang patut diburu adalah rengginang teri. Jajanan berbahan dasar beras ketan ini merupakan oleh-oleh khas Rembang yang sedang naik daun.Cemilan yang kadung melekat sebagai makanan ringan di berbagai acara dan bercitarasa “ndeso” ini, di tangan Sanyoto bisa menjadi jajanan modern yang sangat pas untuk oleh-oleh, hadiah maupun hantaran.

Jika rengginang biasa dominan rasa bawang, rengginang yang saya kembangkan ini dominan rasa teri. Jadi penikmat akan menemukan varian baru dari rengginang yang biasa mereka makan,” membuat cemilan berbahan dasar ikan. Kemudian  membuat rengginang teri ini, yang terinspirasi dari rengginang trasi itu,” keberanian untuk mencoba tersebut, akhirnya memang berbuah manis. Saat ini, produknya sudah bisa ditemui di 18 toko swalayan yang ada di Rembang. Tak hanya itu, produk ini juga sudah merambah daerah lain, seperti Kabupaten Pati dan kabupaten lain di sekitarnya.Untuk memenuhi permintaan, dalam sehari,

usaha yang ia jalani selama enam tahun tersebut bisa menghabiskan 50 kilogram beras ketan, 5 kilo gram ikan teri serta rempah rempah.membuat rengginang teri itu, sehari saya hanya menghabiskan 5 kilogram beras ketan saja. Tapi sekarang sudah mencapa 50 kilogram per hari,” bebernya.Harganya sendiri tergolong ramah kantong. Untuk ukuran ¼ kilogram rengginang mentah, ia banderol Rp 17 ribu dan ¼ rengginang siap makan seharga Rp 20 ribu.

Source https://www.seputarmuria.com
Comments
Loading...