Restoran Cobek Penyet, Tempat Kuliner Nusantara Pontianak

Cobek Penyet

Kalau cuaca dingin paling pas diatasi dengan hidangan pedas berempah.Mau udang sambal ebi atau iga penyet ​berlumur sambal? Semuanya enak!

​Apabila kalian sedang berada di Mega Mall Pontianak, silahkan mampir ke restoran yang Tulisan “Cobek Penyet – Resep Warisan” tertera di depan restoran yang menyajikan masakan Indonesia ini.

​Didalam restoran ternyata ​suasana​nya​ hangat berpencahayaan temaram. Lampu kuning dalam hiasan bulat dari bahan rotan menerangi ruangan. Bangku dan meja restoran didominasi kayu berpelitur cokelat tua. Bagi pengunjung yang ingin duduk lesehan, tersedia tiga meja tanpa kursi.

Dari namanya sudah jelas restoran ini menyajikan berbagai menu penyet​an khas Surabaya​. Mulai dari gurame, bebek, ayam, udang, cumi, empal hingga bakso penyet. Ada juga sop buntut goreng, tengkleng sapi, nasi goreng iga, mie goreng cobek, sayur asam, dan lainnya. Tahu kipas, tahu telur, dan bakwan jagung pun bisa dicoba.

HargaUdang Sambal Ebi (Rp 26.818) dan Iga Penyet (35.000) yang jadi andalan. Pelengkapnya berupa Nasi Liwet per porsi (Rp 8.181).

Tersaji dalam piring berbentuk daun, porsi udang ternyata cukup mini. Terdapat 5 potong udang berukuran kecil dengan kulit yang masih menempel di bagian buntut. Udang dibaluri sambal merah gelap yang lamat-lamat beraroma​ gurih​ ebi. Sedikit minyak bekas gorengan tampak pada permukaan sambal. Garnishnya berupa dua potong mentimun dan seiris tomat.

​Ternyata rasa ​sambalnya gurih sedikit manis. Rasanya cukup enak dan tidak terlalu pedas. Terasa jejak ebi, cabai, bawang merah, bawang putih dan kecap manis. Udangnya sendiri empuk dan tidak alot. Cocok dipadukan dengan sambal ebi.

Tampaknya restoran ini memang menyajikan makanan dalam porsi kecil. ​ Iga penyetnya berupa ​​d​ua potong iga goreng berukuran kecil disajikan dalam piring tanah liat berlapis daun pisang.

Iga dihidangkan bersama sambal kecokelatan, kol dan dua potongan timun. Tercium aroma iga goreng berbumbu dari sajian ini. Namun kami tertarik mencoba sambal penyetnya dahulu.

Sambal tampak tidak merah mencolok seperti kebanyakan hidangan penyet. Sambal penyet ini juga terlihat sedikit berair. Ketika dicoba, rasa sambalnya cukup pedas dengan sengatan di tenggorokan. Namun bagi pencinta penyet, rasa sambal kurang menonjok. Selain cabai, terasa dominasi tomat dan terasi dalam sambal.

Iganya sendiri terasa gurih dan cukup empuk. Mudah untuk melepasnya dari tulang. Bumbu iga cukup meresap dalam seratnya. Tercecap jejak pemakaian kemiri dan lengkuas.

Semua sajian lebih lengkap di santap bersama nasi liwet untuk porsi perorangan. Nasi liwet tampil dengan topping ikan teri kecokelatan dan sedikit irisan batang serai. Tercium aroma sereh dan daun salam dari nasi ini.

Rasa nasi liwet gurih enak. Dipadukan dengan topping ikan teri gurih jadi semakin sedap. Tampaknya ada pemakaian kecap dalam ikan teri tersebut. Namun sayangnya, tekstur nasi agak kering dan tidak hangat. Mungkin lebih enak pilihan nasi liwet yang tidak disajikan per porsi.

Selepas menyantap sambal, kalian bisa memilih Es Kelapa Jeruk (Rp 14.545) untuk menyegarkan tenggorokan. Rasa jeruknya manis segar dengan sedikit paduan air kelapa. Selain itu ada juga sup buah, es campur, es teler, es naco cincau, dan aneka jus. Silakan coba!

Cobek Penyet

Alamat : Mega Mall Lantai 2, JL Jend. A. Yani, Parit Tokaya, Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113

Source Pegimakan.id Detik
Comments
Loading...