RM Baghdad, Tempat Santap Kuliner Enak Khas Maluku Utara

Rumah Makan Muslim Manado, Baghdad. Paduan yang unik bukan?

Rumah makan yang terletak di Komplek Kebon Pala, Ternate, Provinsi Maluku Utara, ini sederhana. Tapi jangan tanya pengunjungnya, silih berganti tak habis-habisnya. Ini membuat 12 pelayannya yang rata-rata warga lokal setempat harus gesit memenuhi pesanan tamu, seolah tak ada jeda istirahat.

Karena Ternate merupakan daerah maritim, wajar bila hidangan utama di RM Baghdad adalah hasil laut, utamanya ikan. Mayoritas menu dimasak ala Manado yang pedas-pedas segar.

Hidangan yang kami pesan pada siang itu adalah ikan woku belanga, sup ikan, sotong (ditulis sutung) asam manis dan kepala ikan, dan nasi. Minuman yang kami pesan rata-rata es kelapa muda gula merah yang dihidangkan dalam gelas besar.

Pelayan akan menyediakan satu piring dan satu lepek (piring kecil). Lepek itu berfungsi untuk menampung remah-remah seperti duri ikan.

Ketika hidangan pertama datang yaitu ikan woku, tampilannya bikin ngiler. Untunglah nasi yang agak telat tiba, datang menyusul. Nasi porsi besar dihidangkan di mangkuk untuk per orang. Lalu datang sotong asam manis dengan bumbu merah kental dan kangkung rebus yang disajikan di mangkok kecil untuk per orang. Rasa ikan woku seindah tampilannya, lezat! Rasanya pedas khas bumbu Manado.

Cabe hijau kecil bertebaran, membuat pecinta masakan pedas semakin bersemangat menyantap. Alhasil, makan nasi beserta ikan woku plus sotong dan kangkung yang kress kress sudah terasa cukup. Keringat menetes, mata berair, bahkan ingus tak ragu ikut keluar saking mantapnya hidangan berkuah ini.

Disini juga terdapat menu nasi goreng dan ikan bakar

Saat perut sudah penuh terisi penuh kepuasan, alamaakk…pesanan yang lain satu per satu baru muncul. Maklum, memasak masakan penuh rempah plus tamu yang tak putus membuat jam memasak butuh waktu.

Sup ikan disajikan penuh tomat. Rasanya…mantap jaya! Segar dengan baluran rasa asam yang nikmat. Bagi yang sedang sakit kepala, cocok menikmati paduan ikan woku dan sup ini. Rasa pedas bercampur segar membuat pening lenyap entah ke mana.

Lalu munculah kepala ikan. Tapi sayang perut sudah kadung tak muat. Jadilah lidah hanya mencecap sedikit, lalu menu ini dibungkus. Rasanya? Enak gila! Soal harga? Tidak mahal amat. Rombongan 20 orang cukup sejuta alias Rp 50 ribuan per orang.

Udi, warga asli yang menjadi sopir rental yang kami sewa — rombongan peliput dari Kementerian Kelautan dan Perikanan –dalam perjalanan dalam rangka Sail Morotai 2012 ini menyebut, RM Baghdad memang sangat terkenal. Tak pernah sepi.

Informasi dari pemilik rumah makan yang keturunan Kebumen, Jateng, dia tiap hari membutuhkan 200 kg ikan – mayoritas kakap – untuk menjamu pelanggan. Omset sehari bisa Rp 10 juta. Wow

Source pegimakan.id www.orangdalem.blogdetik.com
Comments
Loading...