RM Ikan Bakar Sari Rasa, Tempat Kuliner Enak di Ambon Maluku

RM Ikan Bakar Sari Rasa Ambon

Rumah makan bernama Sari Rasa yang spesialisasinya adalah makanan laut. Ikan, udang, dan lainnya dijamin masih segar, karena Ambon terkenal juga dengan hasil lautnya. Menu spesial yang tersebut adalah ikan Samandar bakar yang dihidangkan dengan sebakul nasi putih, sambal, serta Colo-colo. Colo-colo ini adalah menu wajib yang harus ada ketika makan ikan bakar di Ambon. Bentuknya yang seperti Acar tetapi terdiri dari irisan tomat, bawang, daun kemangi serta perasan lemon cina yang menjadikan daging ikan bakar itu sedap dicocol di Colo-colo ini.

Ikan yang di pilih adalah Ikan Samandar. Ikan ini cukup berbisa siripnya jika mengenai predator. Manusia pun bisa terkena efek demam jika terkena sirip ikan tersebut yang menyebabkan luka. Meskipun demikian, Ikan Samandar ini aman dikonsumsi dan dagingnya sungguh enak. Inilah yang menyebabkan kami tak segan-segan untuk mencobanya. Dan terbukti menu santap malam ini berhasil membuat kami puas dengan harganya yang terjangkau, satu porsi ikan bakar seharga Rp 35.000,00.
Bagi anda yang sempat berkunjung ke Ambon, pastikan anda menyempatkan untuk mencicipi ikan Samandar bakar ini.

Lokasi rumah makan ini berada dekat Rumah Sakit Umum Gereja Protestan Maluku (GPM). Rumah Makan Sari rasa yang dimiliki warga Makassar ini spesialisasinya adalah makanan laut seperti ikan, udang, dan lainnya. Pengunjung dapat langsung memilih ikan yang dijamin masih segar, karena Ambon terkenal dengan hasil lautnya. Setiap jam makan siang, tempat ini selalu dipadati pengunjung. Apalagi dengan asap bakaran ikan yang menggugah selera makan, sehingga menggoda pelintas jalan untuk mampir.

Menu spesial favorit adalah ikan samandar bakar yang dihidagkan dengan sebakul nasi putih, sambal, serta colo-colo. Colo-colo adalah menu wajib yang harus ada ketika makan ikan bakar di Ambon. Bentuknya seperti acar terdiri atas irisan tomat, bawang, daun kemangi, serta perasan lemon cina.

Alamat RM Ikan Bakar Sari Rasa Ambon
Jln. Anthony Rhebok, No. 11, Kota Ambon
Buka pkl. 08.00 – 22.00 WIT

Harga Makanan RM Ikan Bakar Sari Rasa Ambon
Ikan Bakar + Nasi : Rp. 35.000
Es Jeruk : Rp. 5000

Cara Membuat Colo-Colo Ambon

Tomat muda yang masih berwarna hijau diiris tipis-tipis dan kecil, juga bawang merah dan cabe rawit. Kemudian taburi sedikit garam dan siram dengan perasan jeruk nipis agar beraroma harum. Di Maluku, colo-colo ditambah daun kemangi, ada juga yang menambahkannya dengan sedikit kecap asin atau kecap manis. tetapi menurut orang-orang tua di Maluku, colo-colo yang asli justru tidak memakai kecap.

Karena colo-colo bergantung pada selera, ada juga yang menambahkan rarobang (air sisa pembuatan minyak kelapa) yang dihanguskan. Ada lagi colo-colo yang diberi irisan kenari mentah ataupun terasi.
www.malukuhebat.blogspot.com

Comments
Loading...