RM Sabar Menanti

Hampir semua daerah di Indonesia punya racikan nasi kuning. Ada yang diberi lauk bihun goreng, ayam goreng, ayam rica hingga telur dadar dan rebus. Masing-masing punya keunikan rasa yang tak terlupa.

Begitu juga dengan nasi kuning yang ternama di Kota Gorontalo. Orang mengenalnya sebagai Nasi Kuning Hola. Kalau tak tahu persis lokasinya di Jl.Sutoyo, Google Map akan merujuk Anda ke rumah kuno bercat kuning dan hijau terang yang mencolok.

Rumah kuno dengan bangunan asli, dilengkapi tangga di sisi dan teras luas ini sudah berusia 114 tahun. Masih dipertahankan bentuk aslinya oleh sang pemilik Liliyana dan Hendrik yang menempati sejak tahun 2011. Ruang tengah yang lebar dan luas dijadikan tempat makan. Sementara di area tengah dijadikan tempat untuk meracik nasi kuning dan makanan lain yang dipesan tamu. Sejarah panjang Nasi kuning Hola ini menjadi bukti kecintaan akan kuliner lokal tak lapuk oleh zaman. Sup yang menemai nasi kuning ini juga tak kalah juara. Kaldu ayamnya gurih dengan isian suun, telur rebus dan suwiran ayam.

Meski terlihat agak aneh, nasi kuning dan sup, nyatanya cocok dimakan bersama. Apalagi setelah terkena sengatan pedas abon tuna, sup ayam ini jadi pengiring yang pas buat menuntaskan nasi kuning.

Sebenarnya nasi kuning merupakan salah satu menu di rumah makan ini. Ada nasi goreng, mie hookian, mie goreng, nasi campur Makassar dan lainnya. Seporsi nasi kuning dan sup (Rp.22.000), bisa juga dipesan tanpa sup.

Kelezatan nasi kuning ini memang susah dilupakan. Buktinya Pak Wiranto, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan selalu singgah di rumah makan ini, langsung dari bandara. Banyak orang juga menenteng bungkusan nasi kuning ini saat meninggalkan Gorontalo.

Gambar terkait

Jadi jangan tinggalkan Gorontalo sebelum mengudap nasi kuning legendaris ini. Kelezatannya memang sulit dilupakan!

RM Sabar Menanti (Hola) 
Jl. Sutoyo No.31, Bawao Gorontalo 
Telpon: (0435)-821206
Jam Buka : 07.00 – 21.00

Source https://food.detik.com https://food.detik.com/rumah-makan/d-3938837/rm-sabar-menanti--ini-kelezatan-nasi-kuning-gorontalo-yang-teruji-65-tahun
Comments
Loading...