RM. Ujung Pandang: Nikmat Banget! Ikan Sukang Bakar Bumbu Parape

Dijamin lapar kalau lihat sajian ikan yang satu ini. Seafood gaya Makassar ini enak disantap dengan tumis kangkung hingga racikan sambal sedap yang enak. Mendengar nama Rumah Makan Ujung Pandang, tempat ini memang ada di kawasan Gandaria dan juga Tangerang. Meskipun masih satu keluarga, namun pemiliknya berbeda. Sebagai rekomendasi tempat berbuka puasa.

Ikan-ikan ini didatangkan langsung dari Makassar dan disimpan dalam box berisi es batu sehingga ikan ini masih segar ketika sampai di Jakarta. Menu yang ditawarkan beragam, sayangnya buku menu yang ada tidak mencantumkan harga makanannya sehingga Anda perlu bertanya terlebih dulu kepada karyawan. Dalam buku menunya terdapat menu ikan yang beragam seperti ikan Sukang, Bandeng, Baronang, Kerapu, Bawal Hitam, Pecah Kulit, Titang, Kudu-kudu, Kwe Bakar hingga Kaneke. Ikan-ikannya bisa Anda lihat dibagian depan restoran.

 Hasil gambar untuk RM. Ujung Pandang

Seporsi ikan Sukang bakar dengan berat sekitar 1,2 Kg (Rp 204.000) jadi pilihan. Ikan Sukang dibelah lebar menjadi 2 dan dibakar tanpa penambahan bumbu. Setelah semuanya matang, barulah ikan bakar ini dilumuri dengan bumbu parape di sisi atas dan rica di sisi bawah. Meskipun dibakar tanpa olesan bumbu, akan tetapi rasa dari ikannya sudah enak ditambah dengan dua jenis bumbu yang gurih. Bumbu parapenya memiliki rasa gurih khas bawang merah dengan sentuhan manis ringan. Namun bumbu ricanya terasa pedas dengan rasa gurih nikmat. Tampilannya yang berwarna oranye menandakan bahwa sambal ricanya dibuat dari cabai rawit.

Selain ikan bakar, Anda juga tak boleh melewatkan Udang Goreng Telur Asin (Rp 60.000). Udang peci dengan ukuran yang cukup besar dimasak dengan lumuran saus telur asin yang agak kering. Saus telur asinnya menempel sempurna disetiap potongan udang. Wah, aromanya sedap dan gurih dengan paduan irisan daun bawang bombay yang enak. Enak dinikmati dengan nasi putih hangat.

Ada 5 sajian sambal pelengkap yang bisa dipadu bersama dengan ikan pesanan Anda. Sambal ala Makassar terdiri dari sambal tomat kemangi, sambal petis, sambal terasi, sambal rica-rica hingga acar labu siam. Makan seafood tak lengkap tanpa kehadiran Kangkung Cah Terasi (Rp 25.000). Kangkungnya terlihat masih hijau dengan sensasi rasa renyah. Kuah cokelatnya menghasilkan rasa gurih dengan semburat aroma terasi yang nikmat.

Hasil gambar untuk RM. Ujung Pandang

Pokoknya ini sedap sekali dinikmati bersama dengan nasi dan ikan bakar bumbu rica yang pedas. Oh ya! Sebelum memulai bersantap, Anda bisa mengawalinya dengan semangkuk Es Pisang Ijo (Rp 25.000). Buah pisang dengan balutan adonan berwarna hijau yang kenyal semakin enak dinikmati bersama dengan bubur sumsum lembut dengan es batu plus siraman sirup merah. Segar!

RM. Ujung Pandang
Jalan Pahlawan Seribu
Ruko Versailles blok FC No. 1
BSD City, Tangerang

Source https://food.detik.com https://food.detik.com/rumah-makan/d-4025063/rm-ujung-pandang-nikmat-banget-ikan-sukang-bakar-bumbu-parape-dan-rica-khas-makassar
Comments
Loading...