Roti Bluder Oleh-oleh khas Madiun Yang Wajib Dibawa Pulang

Tahukah Anda, sejak dulu kota Madiun sangat terkenal dengan kuliner dan oleh-oleh khasnya berupa brem, bumbu pecel, madu mongso dan lempeng? Namun saat ini kita tidak akan membicarakan kuliner yang baru saja disebutkan, melainkan menambahkan kuliner khas baru yang lagi digemari dan menjadi ikon baru-baru ini sebagai oleh-oleh khas Kota Madiun yaitu roti bluder. Roti Bluder merupakan roti yang memiliki cita rasa khas kolonial Belanda tempo doeloe.

Apa sih roti bluder? Roti bluder adalah nama roti yang terbuat dari perpaduan adonan roti dan adonan cake yang menghasilkan roti dengan ciri khas bertekstur sangat lembut, empuk dan halus serta daging rotinya berwarna agak kekuningan yang diperoleh dari pemakaian kuning telur yang relatif lebih banyak dibandingkan dengan roti biasa. Selain itu, serat roti bluder ketika dirobek terlihat jelas. Pada umumnya tekstur dalam dan luar roti bluder terlihat selalu basah, hal ini disebabkan oleh pemakaian margarin pada bagian luar roti yang merasuk kedalam roti. Bahan utama dalam pembuatan roti jenis ini sangat sederhana yaitu tepung terigu, ragi, telur, mentega dan gula. Namun kesederhanaannya lah yang membuat roti ini mampu memanjakan lidah penggemar roti dan dapat ketagihan bila telah mencobanya sekali.

Ruang Proses Produksi

Salah satu pioneer roti bluder di Madiun yang telah berdiri sejak tahun 1989 adalah Bluder Cokro. Nama roti ini kini banyak sekali diminati oleh penggemar roti di Madiun maupun di luar Madiun terutama sebagai kuliner oleh-oleh khas Madiun. Roti kuno resep warisan peninggalan sejak jaman penjajahan Belanda yang diwariskan secara turun temurun melalui keluarga pemilik bluder cokro ini tidak hanya diminati di pulau Jawa saja melainkan luar pulau Jawa seperti Makassar dan Samarinda.

Bila Anda berkunjung ke pabrik dan pusat penjualan roti bluder ini, Anda akan disuguhkan pemandangan yang tidak biasa yaitu Anda dapat melihat secara dekat proses pembuatan roti ini dari balik kaca transparan. Di ruang produksi ini, nampak sekali terlihat hiruk pikuk para pekerja yang sedang sibuk membuat roti bertekstur lembut ini. Roti bluder disini berbentuk trapesium terbalik yang dibungkus persatuan menggunakan kemasan plastik tebal transparan dan ditempel sticker rasa varian roti pada bagian luarnya. Meskipun ini adalah roti kuno namun varian rasa yang dapat Anda pilih mengikuti selera dan perkembangan jaman loh. Sebut saja rasa nuttela, ovomaltine, smoked beef, abon sapi dan abon ayam dapat Anda pilih selain rasa-rasa favorit sepanjang masa lainnya seperti rasa keju, coklat, kacang, strawberry, blueberry dan nanas.

Roti bluder Cokro belakangan ini sangat populer sekali dipesan dalam jumlah partai kecil maupun partai besar. Nampak kemasan kardus kotak besar maupun karton kecil telah dipersiapkan oleh pabrik Bluder Cokro untuk pembeli yang telah memesan roti ini sebagai oleh-oleh khas Madiun. Harga untuk roti bluder relatif murah tergantung varian rasa yang dipilih, namun semua jenis roti disini dijual dibawah harga sepuluh ribu rupiah per-satuan. Sedangkan untuk roti sobek, roti krumpul ataupun roti kasur dijual dengan harga diatas dua puluh ribu rupiah.

Bila Anda berencana berkunjung ke kota Madiun, Anda dapat mengunjungi pusat penjualan dan pabrik roti Bluder Cokro yang beralamat di jalan Cokroaminoto no.36 Madiun, Jawa Timur. Letaknya tepat didepan kantor Pegadaian Madiun.

Tips dari SukaDapur, sebaiknya Anda memesan roti dengan varian rasa yang ingin Anda makan atau bawa pulang sebagai oleh-oleh satu hari sebelumnya karena roti ini sangat laris dipesan dan sering kehabisan pada sore atau malam hari. Pastikan pula nama dan nomor telpon Anda tercatat lengkap saat memesan dan jangan lupa untuk mengkonfirmasi jumlah pesanan, varian rasa yang dipilih dan jam pengambilan sebelum Anda ambil pesanan. Oh iya satu lagi nih, jangan menyimpan roti bluder kedalam lemari es, karena tekstur roti ini akan berubah menjadi sedikit keras bila disimpan didalam lemari es. Biasanya, roti bluder.

Source Pegi Makan Roti Bluder Cokro

Leave A Reply

Your email address will not be published.